Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aqiqah Harus Kambing Jantan atau Betina? Simak Penjelasannya Menurut Sunnah

Daftar Isi [Buka]

Aqiqah Harus Kambing Jantan atau Betina? Simak Penjelasannya Menurut Sunnah -  Aqiqah merupakan ibadah sakral yang pelaksanaannya telah ditentukan. Dengan melaksanakan sesuai dengan sunnah yang ada maka diharapkan ibadah ini bisa bernilai ibadah dan mendapatkan pahala yang berlimpah.


Salah satu hal yang musti diperhatikan dalam pelaksanaan aqiqah ialah memilih kambing aqiqah. Pemilihan kambing ini masih banyak yang masih belum mengengerti mengenai apakah aqiqah harus kambing jantan atau betina.


Aqiqah Harus Kambing Jantan atau Betina
Aqiqah Harus Kambing Jantan atau Betina


Hal ini pantas dipertanyakan dikarenakan ada banyak pendapat yang berlainan mengenai aqiqah harus kambing jantan atau betina. Yang jelas, pada perbedaan ini terkandung hikmah bagi yang akan melaksanakan ibadah aqiqah.


Untuk lebih jelas mengenai persoalan aqiqah harus kambing jantan atau betina, kali ini akan kita ulas secara lengkap.


Aqiqah Harus Kambing Jantan atau Betina? Berikut Jawabannya

AqiqahAbahHusein.id - Pemilihan hewan aqiqah harus kambing jantan atau betina sebenarnya tidak diterangkan secara jelas, apakah aqiqah harus dengan kambing jantan atau betina. Namun, jika mengambil pendapat dari para ulama, hewan untuk aqiqah diqiaskan dengan dalil-dalil yang berlaku terhadap hewan qurban.


Penggunaan hewan aqiqah harus kambing jantan atau betina bisa kita ambil dasarnya menurut Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzzab.


Disitu diterangkan, kalau hewan aqiqah tidak diharuskan jantan atau betina secara wajib. Diperbolehkan menggunakan kambing aqiqah berjenis kelamin apasaja dengan ketentuan bahwa kambing tersebut tidak memiliki kekurangan dari segi fisik dan umur.


Pendapat Imam Nawawi dalam kitabnya sebagi berikut:


 ويجوز فيها الذكر والانثى لما روت أم كرز عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: على الغلام شاتان وعلى الجارية شاة لا يضركم ذكرانا كن أو أناثا 


Artinya: “Dan diperbolehkan dalam berqurban dengan hewan jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau pernah bersabda “(aqiqah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing. Baik berjenis kelamin jantan atau betina, tidak masalah,” (Lihat: An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzzab, Beirut: Dar- al-Fikr, tt., j. 8, h. 392).


Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa permasalahan aqiqah harus kambing jantan atau betina tidak menjadi persoalan.


Untuk itu, Aqiqah harus kambing jantan atau betina bisa disesuaikan dengan keadaan finansial yang akan melaksanakana aqiqah.


Karena antara kambing aqiqah jantan dan betina memiliki perbedaan harga. Kambing aqiqah jantan cenderung lebih mahal dari pada yang berjenis kelamin betina.


Biasanya, kambing aqiqah jantan cenderung berpostur tubuh lebih besar dari pada betina, sehingga dengan postur yang besar dapat menghasilkan daging aqiqah yang banyak pula.


Baca Juga: Kapan Waktu Penyembeliha Hewan Aqiqah



Syarat Kambing Betina untuk Aqiqah

Aqiqah bisa dilaksanakan di hari ketujuh, ke-14, atau ke-21setelah kelahiran sang bayi. Untuk anak lelaki diwajibkan menggunting dua ekor kambing, dan anak wanita seekor kambing.


Syarat Kambing Betina untuk Aqiqah
Syarat Kambing Betina untuk Aqiqah


Apa syarat kambing atau domba untuk Aqiqah yang perlu disanggupi? Berikut penuturannya. Tidak ada bimbingan yang menjelaskan jenis kelaminnya.


Dan persyaratan penyeleksian hewannya, lebih kurang sama dengan penyeleksian hewan untuk kurban. Yakni:


1. Hewan harus sehat jasmaninya, jangan cacat 

2. Bisa betina atau jantan 

3. Bukan hewan curian 

4. Jika Kambing, umurnya harus minimum satu tahun (masuk tahun kedua

5. Jika Domba, umurnya harus minimum enam bulan (masuk tahun ketujuh


"Barangsiapa antara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi karena itu sebaiknya dia kerjakan untuk lelaki dua kambing yang serupa dan untuk wanita satu kambing." (HR Abu Dawud, Nasa'i, Ahmad)


Kesimpulan Aqiqah Harus Kambing Jantan atau Betina

Dari penjelasan diatas mengenai aqiqah harus kambing jantan atau betina, maka dapat disimpulkan, kalau penggunaan kambing jenis kelaminnya tidak menjadi persoalan sejauh kambing tersebut didapat dengan cara halal, tidak cacat dan sudah berumur.


Sebaiknya bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah aqiqah namun belum memahami ketentuan dan syarat aqiqah sebaiknya dilaksanakan menggunakan jasa layanan aqiqah yang ada didaerah Anda tinggal.


Setiap daerah pasti ada jasa aqiqah yang menyediakan jasa ini. Dengan menggunakan jasa aqiqah maka Anda hanya perlu membayar dan tidak perlu repot memilih kambing untuk aqiqah.


Demikian artikel pembahasan mengenai aqiqah harus kambing jantan atau betina. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang akan melaksanakan aqiqah. Terimakasih, Wssalamungalaikum W,r Wb...


Tags: bolehkah aqiqah dengan kambing betina, kambing untuk aqiqah jantan atau betina aqiqah kambing jantan atau betina, kambing aqiqah jantan atau betina, bolehkah kambing betina buat aqiqah, kambing betina untuk aqiqah, aqiqah dengan kambing betina, bolehkah aqiqah kambing betina, aqiqah harus kambing jantan atau betina, untuk aqiqah kambing jantan atau betina

close