Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Kambing Untuk Aqiqah Sesuai Dengan Syariat Islam

Daftar Isi [Buka]

Cara memilih kambing untuk aqiqah - Acara aqiqah menjadi satu diantara peristiwa yang paling pas untuk merealisasikan rasa sukur ke Allah SWT.


Selainnya dibanding itu, aqiqah menjadi satu diantara kesunnahan yang paling disarankan untuk pasangan yang barusan mempunyai anak.


Cara Memilih Kambing Untuk Aqiqah
Cara Memilih Kambing Untuk Aqiqah


Kambing menjadi satu diantara hewan untuk aqiqah yang terfavorit. Selainnya harga dapat dijangkau, pemrosesannya jadi wujud makanan tidak begitu susah.


Lalu, bagaimana cara memilih kambing untuk aqiqah secara tepat? Baca keterangan di bawah ini sampai usai.


Cara Memilih Kambing Untuk Aqiqah

Kambing apa untuk aqiqah? Untuk yang baru pertama kalinya melaksanakan aqiqah, sebaiknya Anda ketahui seperti cara memilih kambing untuk aqiqah agar ibadah Aqiqahnya bisa lebih mantap dan diterima sebagai amal ibadah.


Mendapati jasa paket aqiqah tidak sulit. Tetapi, seharusnya Anda harus menyaksikan sendiri kambing yang hendak Anda tentukan untuk jadi qurban dalam perayaan aqiqah.


Kambing yang sehat mempunyai beberapa ciri seperti berikut:


  • Badan kambing tidak demikian gendut dan tidak demikian kurus
  • Kakinya lempeng, kuat, dan kuat
  • Dadanya lebar
  • Mempunyai pinggang yang lempeng
  • Dan sudah pasti mempunyai bentuk yang tegap dan kuat


Lalu, bagaimana cara memilih kambing untuk aqiqah secara mendetail? Berikut keterangan selengkapnya:


  • Periksalah Gigi Dan Kukunya

Gigi kambing sebagai salah satunya komponen yang dapat menjadi tanda apa kambing itu sehat atau mungkin tidak. Yakinkan rahangnya kuat untuk kunyah makanan.


Lihat di bagian kuku. Kebersihan kuku kambing penting. Supaya tidak ada cacing yang bersarang di kukunya.


  • Periksalah Pada Sisi Mata Kambing

Kesehatan kambing bisa juga disaksikan dari matanya. Cara mengujinya ialah, pancinglah kambing supaya jalan lempeng. Bila sang kambing jalan tanpa menubruk satu apa saja, karena itu bisa ditegaskan matanya sehat.


  • Amatilah Bentuk Badan Kambing

Bentuk salah satunya tanda penting dalam kesehatan kambing. Ciri-cirinya diantaranya, tubuhnya tegap, kakinya kuat, memiliki ukuran besar dan panjang, dadanya lebar, tidak begitu gendut dan kurus.


Untuk yang belum demikian memahami berkenaan bentuk kambing untuk aqiqah umumnya cukup kesusahan dalam memperhatikan bentuk badan kambing . Maka, tidak boleh sangsi untuk konsultasi dengan penjualnya.


  • Amatilah Ukuran Dagingnya

Daging kambing yang banyak akan membuat kita lebih semangat untuk memprosesnya di dapur kan? Amatilah sisi punggung dan pahanya. Karena punggung yang besar sebagai pertanda jika daging kambing itu sedikit atau banyak.


Ukuran berat kambing yang normal untuk aqiah sekitar di antara 30 sampai 40 kg. Bila kurang dari itu, ditegaskan kambing itu bisa saja belumlah cukup usia.


  • Belilah Pada Keadaan Hidup

Ini penting untuk orang yang hendak melakukan aqiqah. Beli kambing yang hidup mempunyai tujuan supaya dagingnya masih fresh dan mempunyai kisah kesehatan yang benar.


Bila Anda memakai jasa aqiqah online, yakinkan Anda mempunyai video atau foto asli dari kambing itu. Dan, janganlah lupa minta dokumentasi di saat pemotongan kambing untuk aqiqah.


Supaya terjaga dan syah secara syariat Islam. Janganlah sampai tertipu beli kambing untuk aqiqah pada kondisi telah mati atau membeli pada kondisi beku.


Dengan memilih Aqiqah Abah Husein Cilacap  Anda akan diberikan dokumentasi pada saat pemotongan. Sehingga kepastian dari kambing yang dijadikan Aqiqah terjamin sesuai dengan syariat.


  • Tidak boleh Beli Yang Telah Terpenggal

Salah satunya persyaratan wajib di dalam acara aqiqah ialah pemotongannya. Yakinkan Anda tidak beli pada kondisi terpenggal supaya bisa melihat sendiri proses pemotongan kambing itu.


Bila tidak bisa saksikan secara langsung, minta dokumentasi video pemotongannya. Yakinkan kambing untuk aqiqah itu disembelih dengan memakai syariat Islam yang syah.


  • Tidak boleh Sampai Tertipu Dengan Harga Murah

Cara memilih kambing untuk aqiqah saat ini lebih mudah dengan memakai jasa Aqiqah terdekat dilokasi Anda. Namun jangan asal pilih, apalagi yang menawarkan harga murah.


Pastikan jika Anda memilih jasa paket aqiqah, Usahakan Anda tau persis mulai dari jenis kambing, umur sampai prosesi pengolahan. Janganlah sampai hanya karena iming-iming harga murah, Aqiqah Anda jadi tidak syah beribadah aqiqah. Karena harga yang murah umumnya memakai daging beku atau yang telah terpenggal.


Memang nampaknya murah, tetapi bila beli pada kondisi terpenggal sudah pasti akah tidak syah. Karena pokok dari aqiqah sebenarnya tidak di makanannya. Tapi, dari keaslian pemotongannya.


Dengan banyaknya resiko dan minimnya ilmu mengenai cara memilih kambing untuk aqiqah maka Aqiqah Abah Husein Cilacap hadir untuk membantu Ayah Bunda. Aqiqah Abah Husein Cilacap mempunyai peternakan sendiri, sehingga pemilihan kambing yang berkualitas sesuai dengan syariat bisa dijamin.


Bila Ayah Bunda ingin memilih kambing untuk aqiqah, kami membuka pintu lebar-lebar. Untuk lokasinya bisa dilihat disini: Lokasi Aqiqah Abah Husein Cilacap


  • Umur Kambing Aqiqah

Syarat umur kambing Aqiqah tipe domba atau biri-biri berusia minimal satu tahun, atau minimum berusia enam bulan untuk yang susah memperoleh domba yang berusia satu tahun.


Dan untuk kambing biasa (bukan tipe domba atau biri-biri, seumpama kambing jawa), pilihlah kambing untuk aqiqah minimum berusia satu tahun dan sudah masuk tahun ke 2.



Baca Juga: Hukum Melaksanakan Aqiqah


Syarat Kambing Aqiqah

Saat sebelum memilih kambing untuk aqiqah, sebaiknya kita sama ketahui persyaratan kambing yang pantas dan sesuai syariat islam untuk jadi aqiqahan.


  1. Harus sebagai hewan ternak
  2. Tidak mempunyai cacat di bagian badan
  3. Usia kambing untuk aqiqah jangan di bawah dua tahun
  4. Tidak pada kondisi telah disembelih
  5. Tidak ada anggota badan yang lenyap


Kambing Untuk Aqiqah Anak Perempuan Dan Laki-laki

Salah satunya tradisi umat Islam dalam menyongsong kelahiran seorang anak ialah aqiqah. Aqiqah dilaksanakan dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing. Berapakah banyaknya kambing untuk aqiqah anak lelaki dan wanita?


Aqiqah secara bahasa maknanya menggunting. Dalam pendapat lain, aqiqah disebutkan sebagai panggilan untuk rambut bayi yang baru dilahirkan. Menurut istilah seperti diterangkan dalam buku Fiqh Beribadah oleh Zaenal Abidin yang berbunyi:


Aqiqah ialah sembelihan untuk anak yang baru lahir sebagai pernyataan sukur ke Allah SWT


Ada beberapa hadits yang menjelaskan jika aqiqah disyariatkan dalam Islam. Seperti disebut dalam hadits Bukhari dalam shahihnya, Sulaiman ibn Ami adh-Dhaby ra. berbicara, Rasulullah SAW bersabda:


"Anak yang baru lahir sebaiknya diaqiqahi. Alirkanlah darah (sembelihan kambing) dan lenyapkanlah kotoran dan penyakit yang mengikuti anak itu (cukurlah rambutnya)." (HR. Bukhari).


Dalam hadits lain Samurah ibn Jundab ra. berbicara, Rasulullah SAW bersabda:


عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى


Maknanya: "Tiap anak yang dilahirkan itu tergadai dengan aqiqahnya, yakni satu ekor kambing yang disembelih buatnya di hari ke-7 , lalu sang anak dinamakan dan rambut kepalanya dicukur." (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah, Baihaqi, dan Al-Hakim).


Menurut mazhab Syafii'y, aqiqah hukumnya sunnah muakkadah. Maknanya, satu beribadah yang paling disarankan sekali untuk dilaksanakan. Jika dilaksanakan maka memperoleh pahala disebelah Allah SWT, tetapi jika tidak dilaksanakan tidak berdosa.


Jumhur ulama memiliki pendapat jika aqiqah dilaksanakan untuk anak lelaki dan wanita yang kecil saja. Seperti mengarah pada salah satunya hadits Nabi SAW yang mengatakan jika aqiqah dilaksanakan di hari yang ke-7.


Jumlah Kambing Aqiqah Untuk Anak Perempuan Dan Laki-Laki

Adapun, jumlah hewan aqiqah di antara anak lelaki dan wanita mempunyai ketidaksamaan. Imam Asy-Syafi'i, Abu Tsaur, Abu Dawud, dan Ahmad seperti disebut dalam Kitab Bidayatul Mujtahid Wa Nihayatul Muqtashid Jilid 1 oleh Ibnu Rusyd mengatakan, untuk anak wanita aqiqahnya ialah seekor kambing dan untuk anak lelaki ialah dua ekor kambing.


Pendapat itu disebut dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan Abu Dawud, Umm Kurz al-Ka'biyyah dengar Rasulullah SAW bersabda:


"Untuk anak lelaki sembelihlah dua ekor kambing dan untuk anak wanita seekor saja." (HR. Abu Dawud).


Imam Nawawi rahimahullah dalam kitabnya al-Majmu menerangkan, hewan yang pantas (syah) disembelih untuk aqiqah ialah domba yang dewasa dan kambing yang dewasa yang telah mempunyai gigi seri (gigi depan). Kambing itu pun tidak bisa cacat. Pada umumnya, karakter hewan aqiqah sama dengan hewan kurban.


Demikian artikel mengenai Cara Memilih Kambing Untuk Aqiqah. Semoga artikelnya bermanfaat, bila Ada yang ingin ditanyakan perihal aqiqah, jangan ragu untuk menghubungi kami Aqiqah Abah Husein Cilacap.

close