Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Doa Aqiqah Anak Lengkap Shahih Dilengkapi dengan Bahasa Arab Terjemahan, Penyembelihan Hewan

Daftar Isi [Buka]

AqiqahAbahHusein.id - Dalam agama Islam, sesudah kelahiran seorang anak ke dunia ini umumnya dilaksanakan acara aqiqah yang isinya membaca doa aqiqah anak, membagikan daging aqiqah dan sebagainya.


Doa aqiqah anak merupakan permohonan kepada Allah SWT untuk kebaikan buah hati. Hal ini dilakukan oleh orang tua dan orang-orang yang diundang pada saat acara aqiqah berlangsung.


Doa Aqiqah Anak
Doa Aqiqah Anak


Kita tau kalau doa yang kita pajatkan pada hakikatnya ialah mendoakan diri kita sendiri, dengan kita membaca doa aqiqah anak pada saat acara aqiqahan berlangsung maka permohonan itu akan kembali kepada masih-masing yang mendoakan.


Doa Aqiqah Anak

Aqiqah sendiri merupakan istilah untuk binatang yang disembelih di hari ke tujuh kelahiran si bayi. Biasanya dilakukan acara dengan mengundang sanak family dan tetangga untuk berjama'ah membaca doa aqiqah anak.


Sebelum lebih dalam kita membahas doa aqiqah anak sebaiknya kita mengetahui dari awal kalau aqiqah merupakan perintah yang mempunyai dasar hukumnya.


 Hukum aqiqah adalah sunah muakkadah, seperti diterangkan dalam sebuah hadis berikut:


عَنْ سَمُرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‌الغُلَامُ ‌مُرْتَهَنٌ ‌بِعَقِيقَتِهِ ‌يُذْبَحُ ‌عَنْهُ ‌يَوْمَ ‌السَّابِعِ، ‌وَيُسَمَّى، ‌وَيُحْلَقُ ‌رَأْسُهُ


Artinya: " Dari Samurah, dia berbicara, Nabi bersabda: Seorang bayi itu diagunkan dengan (jaminan) aqiqahnya; aqiqah itu disembelih di hari ke-7 (dari hari kelahiran), (di hari itu juga) sang bayi dinamakan dan dipotong rambutnya. (HR Sunan al-Tirmidzi 4/101, dalam kitab Al-Adlaha bab Al-aqiqah).


Baca Juga: Waktu Aqiqah Anak Menurut Islam


Saat lakukan aqiqah, hewan yang umumnya disembelih ialah kambing. Jumlah kambing yang disembelih untuk bayi lelaki dan wanita juga berlainan. Untuk bayi lelaki, kambing yang disembelih sejumlah dua ekor.


Dan untuk bayi perempuan, kambing yang disembelih ialah seekor. Bukan hanya lakukan pemotongan kambing saja, ada juga doa aqiqah anak yang umumnya dibaca dalam acara itu.


Dalam kebiasaan acara aqiqah, umumnya si bayi akan digendong untuk berkeliling-keliling antara keluarga atau saudara sembari baca doa aqiah anak tersebut.


Nach, saat tersebut rambut bayi dipotong atau dicukur sedikit sambil memanjatkan doa aqiqah. Berikut bacaan doa aqiqah anak saat cukur bayi yang harus dipahami:


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhirabbil ‘âlamîn. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu ‘alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil ‘âlamin.


Artinya: " Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.” 


Ada juga doa dan harapan aqiqah memohon perlindungan agar si bayi bisa dilindungi dari syetan dan gangguan hewan, berikut doa yang diambil dari hadist.


Dari sahabat yang mulia Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau bercerita, jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan doa pelindungan untuk ke-2 cucunya yakni al-Hasan dan al-Husain radhiyallahu ‘anhuma,


أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ


"Saya meminta pelindungan dengan beberapa kalimat Allah yang sempurna, dari semua bujukan setan dan binatang pengganggu dan dari penglihatan mata jelek." (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani).



Doa Aqiqah Perempuan

Doa aqiqah anak perempuan berbeda dengan anak laki-laki. Adapun doa anak perempuan bisa kita lihat dibawah ini.


Tags: doa aqiqah anak perempuan, doa aqiqah anak,doa aqiqah anak laki laki, doa aqiqah anak lelaki, doa aqiqah anak laki-laki sesuai sunnah, doa aqiqah anak perempuan sesuai sunnah, doa aqiqah anak perempuan bahasa arab, doa aqiqah anak perempuan rumaysho, doa aqiqah anak perempuan nu, doa aqiqah anak nu online, ucapan doa, aqiqah anak laki-laki, bacaan doa aqiqah anak laki laki, bacaan doa aqiqah anak perempuan, ucapan doa aqiqah anak perempuan, ucapan doa aqiqah anak, teks doa aqiqah anak, doa untuk aqiqah anak perempuan, doa untuk aqiqah anak laki laki


Bismillahirrahmaanirahiim. Allahu Besar, Allahu Besar, Allahu Besar. Allahumma Rabii, haadziihi…(sebut nama anak yang diaqiqahi)....bin/binti…(sebut nama orang tua), damuhaa bidamihii wa lahmuhaa bi lahmihii wa ‘adzmuhaa bi ‘adzmihii wa jilduhaa bi jldihii wa sya'ruhaa bi sya'rihii. Allahummaj'alhaa fidaa-an li..(sebutkan nama anak yang diaqiqahi)..bin/binti.. (sebutkan nama orangtua) minan-naar.


Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Allah Maha Besar. Ya Allah, wahai Tuhan, hewan ini ialah aqiqah untuk..(nama anak) bin/binti..(nama orang tua), di mana darahnya (hewan) ialah membayar darahnya (anak), dagingnya membayar dagingnya, tulangnya membayar tulangnya, kulutnya ialah membayar kulitnya dan bulu-bulunya membayar rambutnya. Ya Allah, sebaiknya Engkau jadikan aqiqah ini pelunasan untuk.. (nama anak) bin/binti dari neraka.


Doa Aqiqah Laki-laki

Bismillahi wallahu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ' aqiqatu (sebut nama komplet anak diaqiqahi).


Artinya: "Dengan menyebutkan asma Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah kami, berikut aqiqahnya (sebut nama komplet anak)."


Doa Menyembelih Hewan Aqiqah

Doa aqiqah anak ini dapat dibaca saat sebelum sembelih hewan aqiqah, misalkan kambing. Nama anak yang diaqiqah dapat ditempatkan untuk gantikan kata fulan.


Doa Menyembelih Hewan Aqiqah
Doa Menyembelih Hewan Aqiqah


(Bismillahi wallahu Akbar, Allahumma laka wa ilaika hadzihi ‘aqiiqotu fulaan)


Artiya: "Dengan menyebut asma Allah dan Allah Maha Besar. Ya Allah, ini punya-Mu dan untuk-Mu. Ini ialah Aqiqah sang Fulan sebut nama bayi yang akan diaqiqahi." (HR. Baihaqi)


Niat Aqiqah Bahasa Arab

Diketahui buat menjalankan setiap beribadah baik sunnah atau harus, niat ialah yang paling penting. Terhitung saat akan melakukan aqiqah anak, karena itu niat aqiqah harus dipahami orangtua.


Niat aqiqah ini diucapkan saat menyembelih hewan aqiqah.


Adapun bacaan niat aqiqah saat menyembelih hewan aqiqah seperti berikut:


"Bismillah, Allahu Besar, Allahumma minka wa laka, hadzihi 'aqiqatu Fulan/Fulanah (nama anak yang akan diaqiqahi)."


Artinya: "Dengan menyebutkan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini ialah aqiqah 'Fulan' (nama anak disebut)."


Doa Acara Aqiqah

Doa acara aqiqah ini dibacakan pada saat acara aqiqah berlangsung. Biasanya ada Ustadz atau Kyai yang memimpin lalu di amini oleh yang hadir pada acara tersebut.


Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami'is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmûdati wa bidawami ‘inayatika wa ri'ayatika an-nafîdzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huqûqi rububiyyatika al-karîmati nadabtana ilaihi fîma bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj'alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`ani wa la taj'alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.


Artinya: "Ya Allah, jaga ia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, dan semua kejelekan dan maksiat. Jaga ia dengan pengamanan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan pelindunganmu yang lestari.


Dengan hal itu saya sanggup melakukan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hias ia dengan apa yang telah ada antara kami dan makhluk-Mu, yaitu adab mulia dan karunia yang terindah. Ya Allah, menjadikan kami dan mereka sebagai pakar pengetahuan, pakar kebaikan, dan pakar Al-Qur'an. Tidak boleh kau menjadikan kami dan mereka sebagai pakar kejelekan, terburukan, aniaya, dan nista."


Jenis Kambing untuk Aqiqah

Berikut beberapa macam kambing untuk aqiqah yang terdapat banyak di Indonesia, diantaranya:


  • Kambing Kacang
  • Kambing Etawa
  • Kambing Peranakan Etawa (PE)
  • Kambing Gibas


Syarat Kambing Aqiqah

Walau terlihat sama, ada banyak ketidaksamaan persyaratan kambing aqiqah dan qurban sesuai syariat Islam. Salah satunya ialah:


  1. Tipe Hewan Aqiqah
  2. Jumlah Hewan Aqiqah
  3. Waktu Pemotongan Hewan Aqiqah
  4. Pemberian Daging Aqiqah


Demikian tadi doa aqiqah anak yang dibaca untuk buah hati. Terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.

close