Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Aqiqah Orang Dewasa Yang Dianjurkan Menurut Syariat

Daftar Isi [Buka]

Doa Aqiqah Orang Dewasa Yang Dianjurkan Menurut Syariat - Berdoa merupakan pedangnya orang Islam. Sehingga dengan mendoakan, seorang muslim bisa terjaga dari marabahaya, dan yang terpenting dari doa ialah penghambaannya kepada Allah SWT sebagai dzat yang paling pantas dimintai.


Ada banyak doa yang diajarkan Rasulullah dalam setiap aktifitas hidup manusia, salah satunya ialah doa aqiqah orang dewasa yang kali ini akan kami paparkan. Dengan doa aqiqah ini diharapkan, orang yang diaqiqahi akan mendapat pertolongan Allah SWT, dijauhi dari keburukan.


Doa Aqiqah Orang Dewasa Yang Dianjurkan Menurut Syariat
Doa Aqiqah Orang Dewasa Yang Dianjurkan Menurut Syariat


Aqiqah merupakan jenis ibadah yang cukup unik karena prosesinya melibatkan banyak orang dan membutuhkan hewan aqiqah sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran buah hati. Dengan aqiqah, seorang anak dapat terlepas gadainya terhadap kedua orang tua.


Doa Aqiqah Orang Dewasa

Bacaan lafad niat dan doa saat menyembelih domba dan kambing aqiqah ialah sebagai berikut:


بِسْمِ اللهِ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ ، هَذِهِ عَقِيقَةُ فُلاَن


Bismillah, Allahu Akbar, Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiqatu Fulan/Fulanah (nama yang diaqiqahi)


"Dengan menyebutkan nama Allah ﷻ, Allah ﷻ Maha Besar. Ya Allah ﷻ ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini ialah aqiqah Fulan (nama anak disebut).


Kata fulan pada kalimat diatas diganti dengan nama anak atau orang yang akan diaqiqahi.


Dasar dalilnya diriwayatkan oleh al-Baihaqy dan Abu Ya'la.


عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : يُعَقُّ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ ، وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ ، قَالَتْ عَائِشَةُ : فَعَقَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ شَاتَيْنِ شَاتَيْنِ يَوْمَ السَّابِعِ ، وَأَمَرَ أَنْ يُمَاطَ عَنْ رَأْسِهِ الأَذَى وَقَالَ : اذْبَحُوا عَلَى اسْمِهِ وَقُولُوا بِسْمِ اللهِ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ ، هَذِهِ عَقِيقَةُ فُلاَنٍ


Yang artinya: ‘Dari ‘Aisyah RA, beliau berbicara: Anak lelaki disembelih aqiqah dengan 2 ekor, Dan anak wanita cukup dengan 1 kambing saja.


‘Aisyah lalu berbicara: Rasul SAW mengaqiqahi (cucunya) Hasan dan Husain masing-masing dengan 2 domba di hari ke-7 .


Rasul lalu memerintah supaya kepala anak-anak itu dibikin bersih kotorannya (dicukur).


Dan Rasul SAW bersabda: "Sembelihlah anak dengan menyebutkan nama (anak yang hendak diaqiqahi).


Katakan ‘Bismillah Allahu Besar Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiqatu fulaan".


(Hadits ini dipastikan shahih oleh Ibnu Sakan dan diriwayatkan juga oleh Ibnu Mundzir dan dipastikan hasan).


Selain dari doa diatas, pada prosesi aqiqah juga terdapat doa-doa yang dibacakan. Seperti ketika menyembelih hewan aqiqah dll.



Baca Juga: Bolehkah Aqiqah Tanpa Pengajian


Doa Aqiqah saat Cukur Rambut Bayi


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhirabbil âlamîn. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil âlamin.


Artinya:

Dengan menyebutkan asma Allah Yang Maha Penyayang kembali Maha Pengasih. Semua puji untuk Allah, Tuhan alam semesta, Ya Allah, sinar langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, sinar kenabian, Rasululullah SAW, dan semua puji Untuk Allah, Tuhan alam semesta.


Doa Aqiqah Tiup Ubun-ubun Bayi Sesudah Dicukur


اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


Allâhumma innî uîdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm.


Yang Maknanya:

Ya Allah, sebenarnya saya meminta pelindungan untuk ia dan keluarganya dari setan yang laknat.


Doa Acara Aqiqah Orang Dewasa dan Anak-anak


اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ


Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamîis sayyiâti wal ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi inâyatika wa riâyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummajalnâ wa iyyâhum min pakarl ilmi wa pakarl khairi wa pakarl qur`âni wa lâ tajalnâ wa iyyâhum min pakarsy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.


Yang Maknanya:

Ya Allah, jaga ia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, dan semua kejelekan dan maksiat. Jaga ia dengan pengamanan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan pelindunganmu yang lestari.


Dengan hal itu saya sanggup melakukan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hias ia dengan apa yang telah ada antara kami dan makhluk-Mu, yaitu adab mulia dan karunia yang terindah.


Ya Allah, menjadikan kami dan mereka sebagai pakar pengetahuan, pakar kebaikan, dan pakar Al-Quran. Tidak boleh kau menjadikan kami dan mereka sebagai pakar kejelekan, terburukan, aniaya, dan nista. Ayah Bunda yang dirahmati Allah, ke-3 doa itu tidak diberikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alahi wasallam atau mungkin tidak diberikan dalam syariat.


Doa saat menyembelih hewan Aqiqah

Bismillahi wallahu Besar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ' aqiqatu (sebut nama anak yang akan diaqiqahi).


Artinya ialah: "Dengan menyebutkan asma Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah kami, berikut aqiqahnya (sebut nama komplet anak)."


Doa saat cukur rambut

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil'alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari.


Artinya ialah: "Dengan menyebutkan asma Allah Yang Maha Penyayang kembali Maha Pengasih. Semua Puji untuk Allah, Tuhan Alam semesta, Ya Allah, sinar langit, matahari, dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, sinar kenabian, Rasullullah SAW, dan semua puji untuk Allah, Tuhan Semesta Alam."


Doa saat tiup ubun-ubun bayi

Allahumma inni u'idzuha bika wa dzurriyyataha minasy syaithanir rajim.


Artinya ialah sebagai berikut: "Ya Allah, sebenarnya saya meminta pelindungan buat dia dan keluarganya dari setan yang laknat."


Baca Juga: Biaya Aqiqah Anak Perempuan


Doa saat acara Aqiqahan

Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami'is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmûdati wa bidawami ‘inayatika wa ri'ayatika an-nafîdzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huqûqi rububiyyatika al-karîmati nadabtana ilaihi fîma bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj'alna wa iyyahum min pakarl ‘ilmi wa pakarl khairi wa pakarl qur`ani wa la taj'alna wa iyyahum min pakarsy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.


Artinya ialah sebagai berikut: "Ya Allah, jaga ia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, dan semua kejelekan dan maksiat. Jaga ia dengan pengamanan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan pelindunganmu yang lestari.


Dengan hal itu saya sanggup melakukan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hias ia dengan apa yang telah ada antara kami dan makhluk-Mu, yaitu adab mulia dan karunia yang terindah. Ya Allah, menjadikan kami dan mereka sebagai pakar pengetahuan, pakar kebaikan, dan pakar Al-Qur'an. Tidak boleh kau menjadikan kami dan mereka sebagai pakar kejelekan, terburukan, aniaya, dan nista."


Demikian tadi doa aqiqah orang dewasa yang diambil dari berbagai sumber terpercaya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang akan melaksanakan ibadah aqiqah, Wassalamungalaikum, Wr, Wb.

close