Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Aqiqah, Berikut Penjelasannya

Daftar Isi [Buka]

Apakah Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Aqiqah, Berikut Penjelasannya - Dalam Islam, perintah aqiqah diserukan ke umat Islam selesai melahirkan seorang bayi ke dunia. Dibalik disyariatkannya aqiqah, ada beberapa hikmah didalamnya.


Apa hikmah yang dapat diambil dari aqiqah ialah sebagai wujud sukur seorang hamba ke Allah SWT. Bila pernyataan sukur benar-benar disayangi oleh Allah, kenapa tidak mengucapkan syukur?


Apakah Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Aqiqah
Apakah Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Aqiqah


Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Ibrahim ayat 7, "La-in syakartum la-azidannakum wa la-in kafartum inna adzabiy lasyadid," yang maknanya, "Sebenarnya bila kamu mengucapkan syukur, tentu Kami akan menambahkan (nikmat) padamu, apabila kamu memungkiri (nikmat)-Ku, karena itu sebenarnya adzab-Ku benar-benar pedih,".


Apakah Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Aqiqah

Apa hikmah yang dapat diambil dari aqiqah salah satunya ialaj perekat jalinan sosial antar-Muslim. Karena manusia dibuat sebagai makhluk sosial yang tidak dapat lepas dari manusia yang lain. Manusia hidup bersama, sama-sama bergotong-royong, menolong, berhubungan, berbicara, tukar pengalaman, bergurau, memberikan, dan terima.


Aqiqah memberikan pengaruh banyak, yaitu supaya seorang manusia dapat jadi individu sosial sekalian spiritual. Manusia seharusnya menyamakan di antara faktor religius dan sosial.


Selanjutnya, aqiqah menghadiskan hikmah yakni sebagai wujud amal kebaikan dan investasi di akhirat. Beribadah aqiqah ialah awalnya ketergantungan di antara anak dengan orangtua. Dengan aqiqah, si anak memperoleh luapan doa dan keberkahan dari ke-2 orang tuanya, dan dari beberapa tamu, famili, dan fakir miskin yang tiba saat aqiqah.


Aqiqah sebagai pelunasan hutang si anak untuk memberi syafaat untuk ke-2 orang tuanya nantinya di hari kiamat. Imam Ahmad menjelaskan, "Ia tergadai dari memberi syafaat untuk ke-2 orang tuanya (dengan aqiqahnya),".


HIkmah yang dapat diambil dari aqiqah dapat mensyiarkan tuntunan Islam dan sebagai media ajak kebaikan yang lebih luas. Karena dengan melakukan aqiqah, umat Islam telah hidupkan salah satunya sunnah Rasulullah.


Aqiqah mendatangkan hikmah lain, yaitu sebagai fidyah atau pelunasan. Pelunasan untuk membayar dan selamatkan anak yang baru lahir dari penyakit dan musibah.


Hidupkan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alahi wa sallam dalam mencontoh Nabiyyullah Ibrahim alaihissalam ketika Allah Subhanahu wa Ta'ala membayar putra Ibrahim yang tersayang Ismail alaihissalam.


Dalam aqiqah ini memiliki kandungan elemen pelindungan dari syaitan yang dapat mengusik anak yang tercipta itu, dan ini sesuai arti hadits, yang maknanya: "Tiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya." Hingga Anak yang sudah dikerjakan aqiqahnya insya Allah lebih terlindungi dari masalah syaithan yang kerap mengusik anak-anak. Perihal ini pula yang diartikan oleh Al Imam Ibunu Al Qayyim Al Jauziyah "jika lepasnya ia dari syaithan tergadai oleh aqiqahnya".



Kesimpulan Apakah Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Aqiqah

  • Aqiqah sebagai pelunasan utang anak untuk memberi syafaat untuk ke-2 orang tuanya nantinya di hari penghitungan. Seperti Imam Ahmad menjelaskan: "Ia tergadai dari memberi Syafaat untuk ke-2 orang tuanya (dengan aqiqahnya)".
  • Sebagai wujud taqarrub (pendekatan diri) ke Allah Subhanahu wa Ta'ala sekalian sebagai bentuk rasa sukur atas anugerah yang dianugerahi Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan lahirnya si anak.
  • Aqiqah sebagai fasilitas memperlihatkan rasa senang dalam melakukan syari'at Islam dan pertambahan turunan mukmin yang akan perbanyak umat Rasulullah SAW di hari kiamat.
  • Aqiqah perkuat ukhuwah (persaudaraan) antara warga.


Demikian artikel mengenai apakah hikmah yang dapat diambil dari aqiqah. Semoga bermanfaat, bila anda ingin berkonsultasi mengenai aqiqah anda bisa langsung menghubungi kami Paket Aqiqah Abah Husein Cilacap.

close