Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melaksanakan Aqiqah Dengan Menyembelih Sapi Hukumnya Adalah Sebagai Berikut

Daftar Isi [Buka]

Melaksanakan Aqiqah Dengan Menyembelih Sapi Hukumnya Adalah - Telah masyhur dalam masyarakat jika yang bernama aqiqah ialah menyembelih kambing. Saat aqiqah anak lelaki, umumnya orang tuanya menyembelih 2 ekor kambing. Jika aqiqah anak wanita karena itu dengan 1 ekor kambing saja. Seperti dalam hadis diriwayatkan:


أَنَّ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَهُمْ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ بِشَاة


Sesungguhnya Rasulullah SAW memerintah mereka (untuk menyembelih) dua ekor kambing untuk anak lelaki, dan seekor kambing untuk anak wanita. (HR. At-Tirmidzi).


Melaksanakan Aqiqah Dengan Menyembelih Sapi Hukumnya Adalah
Melaksanakan Aqiqah Dengan Menyembelih Sapi Hukumnya Adalah


Tetapi bolehkan selain kambing ? Lalu melaksanakan aqiqah dengan menyembelih sapi hukumnya adalah? Seperti sapi misalkan. Dan apa sisi atau kandungan dari sapi untuk anak lelaki dua sisi dari anak wanita, seperti pada kambing? Berikut penjelasan lengkapnya.


Melaksanakan Aqiqah Dengan Menyembelih Sapi Hukumnya Adalah?

Aqiqah memang permasalahan yang tidak akan rapuh oleh waktu. Dia selalu berkait-kelindan dengan kelahiran anak. Sejauh masih tetap ada kelahiran seorang anak manusia, sepanjang itu juga aqiqah tetap menempel dan tidak dipisahkan.


Tuntunan dan hukum melaksanakan aqiqah sangat terang-benderang disabdakan oleh Rasulullah SAW. Dalam salah satunya sabdanya beliau menjelaskan, jika seorang bayi itu tergadakan dengan aqiqahnya, di hari ke-7 disembelih hewan dicukur rambutnya dan dinamakan. 

الْغُلَامُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى 

Maknanya, "Seorang bayi itu tergadaikan dengan aqiqahnya, di hari ke-7 disembelih hewan, dicukur rambutnya, dan dinamakan," (HR Tirmidzi).


Pesan penting yang ingin disebutkan dalam hadits itu ialah saran untuk menerbitkan kebahagian, kepuasan, dan nasab. Dengan begitu aqiqah adalah wujud taqarrub ke Allah dan realisasi rasa sukur kepada-Nya atas anugerah yang sudah dilimpahkan. 


Telah jamak dijumpai jika aqiqah bila bayi yang lahir ialah lelaki ialah disunahkan dengan menyembelih dua ekor kambing. Sedang jika wanita disunahkan dengan menyembelih satu ekor kambing. Tentu saja dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ditata dalam permasalahan ini. Sampai di titik ini sebetulnya tidak ada masalah serius. 


Tetapi masalah selanjutnya apabila faksi yang memiliki anak ingin menukar aqiqah berbentuk kambing dengan hewan lain, sapi misalkan. Di sini selanjutnya ada pertanyaan, bagaimana hukumnya aqiqah dengan sapi? Lalu, apa sapi dapat dibikin aqiqah untuk 7 orang bayi? Untuk menjawab ini sebaiknya kita lihat info dalam kitab Kifayatul Akhyar.


Dalam kitab ini disebutkan jika menurut opini yang paling sah (al-ashshah) aqiqah dengan unta gendut (al-badanah) atau sapi paling utama dibandingkan aqiqah dengan kambing (al-ghanam). Tetapi pendapat lain mengatakan, yang paling penting ialah aqiqah dengan kambing sama sesuai bunyi hadits yang ada (li zhahiris sunah). 


وَالْأَصَحُّ أَنَّ الْبَدَنَةَ وَالْبَقَرَةَ أَفْضَلُ مِنَ الْغَنَمِ وَقِيلَ بَلِ الْغَنَمُ أَفْضَلُ أَعْنِي شَاتَيْنِ فِي الْغُلَامِ وَشَاةً فِي الْجَارِيَةِ لِظَاهِرِ السُّنَّةِ 


Maknanya, "Menurut opini yang paling sah, aqiqah dengan unta gendut (al-badanah) atau sapi paling utama dibandingkan aqiqah dengan kambing.


Tetapi pada pendapat lain disebutkan jika aqiqah dengan kambing paling utama, yang saya tujuankan ialah dengan dua ekor kambing untuk bayi lelaki dan satu ekor kambing untuk bayi wanita, karena sama sesuai dengan bunyi sunah," (Saksikan Taqiyuddin Al-Hushni, Kifayatul Akhyar fi Halli Ghayatil Ikhtishar, Beirut, Darl Fikr, halaman 535).


Bila kita perhatikan keterangan dalam kitab Kifayatul Akhyar itu, dengan terang mengandaikan kemampuan beraqiqah dengan unta atau sapi. Bahkan juga dengan benar-benar jelas disebutkan di sana, jika opini yang lebih sah ialah yang mengatakan jika beraqiqah dengan unta atau sapi paling utama dibandingkan dengan kambing.


Seterusnya menyikapi pertanyaan ke-2 berkenaan masalah sapi yang jadi aqiqah untuk tujuh anak, bolehkah? Dalam kerangka ini dibolehkan, bahkan juga bila ada banyak faksi dengan niat yang lain sekalinya.


Misalkan ada 7 orang yang patungan beli sapi, dari ke-7 orang itu yang tiga punya niat untuk aqiqah, sedang yang lain punya niat untuk berkurban, atau sekedar hanya ambil dagingnya untuk dikonsumsi beramai-ramai atau mayoran. 


لَوْ ذَبَحَ بَقَرَةً أَوْ بَدَنَةً عَنْ سَبْعَةِ أَوْلَادٍ أَوْ اشْتَرَكَ فِيهَا جَمَاعَةٌ جَازَ سَوَاءٌ أَرَادُوا كُلُّهُمْ الْعَقِيقَةَ أَوْ بَعْضُهُمْ الْعَقِيقَةَ وَبَعْضُهُمْ اللَّحْمَ كَمَا سَبَقَ فِي الْاُضْحِيَّةِ 


Maknanya, "Bila seorang menyembelih sapi atau unta yang gendut untuk tujuh anak atau ada keterkaitan (isytirak) satu kelompok orang dalam soal sapi atau unta itu karena itu bisa, baik semua atau beberapa pada mereka punya niat untuk aqiqah sementara beberapa lainnya punya niat untuk ambil dagingnya untuk acara pesta (makan besar/mayoran)," (Baca Muhyiddin Syaraf An-Nawawi, Al-Majmu' Syarhul Muhadzdzab, Jeddah, Maktabah Al-Irsyad, juz VIII, halaman 409).


Untuk orangtua yang anaknya belum diaqiqahi dan telah mempunyai rejeki yang lega, seharusnya selekasnya diaqiqahi.


Kesimpulan Pertanyaan "Melaksanakan Aqiqah Dengan Menyembelih Sapi Hukumnya"

Dari penjelasan soal "Melaksanakan Aqiqah Dengan Menyembelih Sapi Hukumnya Adalah" diatas dapat di simpulkan kalau mengaqiqah dengan menggunakan sapi di perbolehkan. Namun dikalangan masyarakat, aqiqah menggunakan sapi masih terlihat tabu karena yang lumrah adalah aqiqah menggunakan kambing.


Bila Anda ingin mencari Kambing Aqiqah Murah, bisa Anda dapatkan di Aqiqah Abah Husein Cilacap. Namun, apabila Anda tidak ingin ribet mengolah kambingnya, kami juga menyediakan paket murah, mudah berkah, Ayah Bunda tinggal terima beres, biar masalah aqiqah serahkan kepada kami.



Aqiqah Sapi Untuk Berapa orang?

Hewan yang dapat dipakai untuk kurban, karena itu bisa juga dipakai untuk akikah. Dalam kitab-kitab fiqih disebut jika ada tiga tipe hewan yang dapat dipakai untuk kurban dan akikah, yakni hewan yang disebutkan dengan an'am atau hewan ternak; unta, sapi dan kambing. Selainnya tiga tipe hewan itu, jadi tidak bisa dipakai untuk kurban dan akikah.


Telah wajar dijumpai jika sapi atau unta dapat dipakai untuk kurban 7 orang, sementara kambing untuk seseorang. Tetapi bagaimana bila sapi dipakai untuk akikah 7 orang anak, bolehkah?


Untuk jawab pertanyaan ini kita tidak mendapati text Alquran atau hadis Nabi Saw. yang memperjelas langsung kemampuan atau larangannya. Tetapi demikian, beberapa ulama sudah mengulas permasalahan ini dalam kitab-kitab fiqih mereka.


Salah satunya ialah Syaikh Wahbah Azzuhaili dalam kitabnya Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu, dengan tegas beliau menjelaskan kemampuan akikah dengan satu sapi untuk 7 orang anak. Ini karena seekor kambing sama dengan 1/7 dari 1 sapi, hingga satu sapi dapat dipakai untuk 7 orang anak.


وكالشاة سبع بدنة او بقرة فلو ذبح بدنة او بقرة عن سبعة اولاد جاز


"Ukuran seekor kambing sama dengan 1/7 dari 1 unta atau sapi. Dengan begitu, bila seorang menyembelih satu unta atau sapi untuk akikah 7 orang anak, karena itu hukumnya bisa."


Begitupun Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu' Syarhul Muhadzab, memperkenankan satu sapi dipakai untuk akikah 7 orang anak. Bahkan juga menurut beliau, bisa satu sapi dipakai untuk 7 orang dengan niat dan arah yang lain.


Misalkan menyembelih satu sapi untuk 7 orang dengan niat yang lain, 3 orang punya niat untuk akikah, dan yang lain punya niat untuk berkurban atau bayar kafarat.


لَوْ ذَبَحَ بَقَرَةً أَوْ بَدَنَةً عَنْ سَبْعَةِ أَوْلَادٍ أَوْ اشْتَرَكَ فِيهَا جَمَاعَةٌ جَازَ سَوَاءٌ أَرَادُوا كُلُّهُمْ الْعَقِيقَةَ أَوْ بَعْضُهُمْ الْعَقِيقَةَ وَبَعْضُهُمْ اللَّحْمَ كَمَا سَبَقَ فِي الْاُضْحِيَّةِ


"Bila seorang menyembelih sapi atau unta untuk tujuh anak atau ada keterkaitan satu kelompok orang dalam soal sapi atau unta itu, karena itu hukumnya bisa, baik semua atau beberapa pada mereka punya niat untuk akikah, sementara beberapa lainnya punya niat untuk ambil dagingnya saja, seperti sudah diterangkan dalam permasalahan kurban."


Dengan begitu, untuk orangtua yang belum lakukan akikah untuk anaknya, karena itu seharusnya apabila sudah sanggup supaya selekasnya mengakikahi anak itu meskipun telah dewasa. Bila anaknya telah capai tujuh, karena itu cukup dengan menyembelih satu sapi saja untuk akikah tujuh anak itu.


Demikian artikel mengenai pembahasan soal "Melaksanakan Aqiqah Dengan Menyembelih Sapi Hukumnya Adalah". Terimakasih telah berkunjung ke Aqiqah Abah Husein Cilacap, bila Ayah Bunda ingin konsultasi perihal Aqiqah, jangan ragu untuk menghubungi kami.

close