Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Aqiqah Anak Perempuan Dewasa, Berapa Jumlah, Batas Umur Dan Jenis Kambingnya? Simak Penjelasannya

Daftar Isi [Buka]

Syarat Aqiqah Anak Perempuan Dewasa, Berapa Jumlah, Batas Umur Dan Jenis Kambingnya - Mempunyai anak merupakan satu hal yang sangat membahagiakan, apalagi bagi mereka yang bertahun-tahun menunggu momen seperti ini. Wajar saja jika momen bahagia ketika kelahiran buah hati di ekspresikan dengan cara aqiqah.


Syarat Aqiqah Anak Perempuan Dewasa
Syarat Aqiqah Anak Perempuan Dewasa


Dalam Islam, aqiqah merupakan Sunah Muakkad. Dimana ekspresi kebahagiaan ini di aktualisasikan dengan cara mengaaqiqahinya, entah itu anak perempuan atupun laki-laki, hal yang diharapkan dari aqiqah ini agar supaya orang-orang disekitar kita juga merasakan kebahagiaan yang sedang kita rasakan, adapun agar ibadah ini bis maksimal, ada beberapa syarat aqiqah anak perempuan dan laki-laki yang harus diketahui oleh seorang muslim.


Syarat Aqiqah Anak Perempuan (Dewasa)

Syarat aqiqah anak perempuan (dewasa) ini merupakan hal-hal yang perlu dilaksanakan agar supaya suatu ibadah bisa syah dan diterima oleh Allah SWT. Dengan melaksanakan syarat aqiqah anak perempuan atau pun laki-laki maka ekspresi kebahagiaan mempunyai buah hati, bisa bernilai ibadah.


Adapun syarat aqiqah anak perempuan adalah sebagai berikut:


  • Satu Kambing yang didapat dari cara halal
  • Ketetapan aqiqah itu dengan catatan jika kambing atau domba yang disembelih harus telah berumur lebih satu tahun (dalam istilah Jawa disebut dengan Phoel).

  • Tidak pada kondisi cacat.
  • Tidak kurus.
  • Dan pada keadaan sehat atau mungkin tidak sakit.


Dengan mengetahui syarat aqiqah anak perempuan dewasa diatas maka bisa kita simpulkan ternyata sangat mudah. Tapi bagi Anda yang tidak pernah bersinggungan dengan kambing atau domba maka bisa memasrahkan pemilihannya kambing yang sesuai dengan syarat aqiqah diatas menggunakan jasa aqiqah.


Saat ini sudah banyak penyedia jasa paket aqiqah ditiap-tiap daerah, salah satunya Aqiqah Abah Husein Cilacap ini. Dalam banyak pendapat, mengaqiqah dengan jasa paket aqiqah diperbolehkan apabila kita mengetahui tatacara penyembelihan, keadaan kambing dan lainnya, intinya memastikan bahwa seluruh prosesi pengolahan kambingnya dilakukan dengan syariat yang telah ditetapkan.


Bagi Anda yang tidak ingin repot memilih, menyembelih kambing dll sampai mengolahnya, maka kami sarankan untuk memilih jasa paket aqiqah. Namun ada beberapa hal yang musti Anda ketahui jika akan memilih jasa paket aqiqah:


  1. Pilihlah jasa paket aqiqah yang sudah berpengalaman
  2. Memiliki rating yang bagus dimata pelanggan
  3. Bisa dipastikan seluruh prosesi pengolahan kambingnya sesuai dengan syariat yang berlaku
  4. Cari yang menawarkan harga yang sesuai dengan keadaan financial Anda


Bila Anda berada didaerah Cilacap dan sekitarnya, kami Aqiqah Abah Husein Cilacap siap membantu ibadah aqiqah untuk buah hati Anda. Dengan menggunakan jasa paket aqiqah kami, Anda akan banyak mendapatkan keuntungan seperti mudahnya pelayanan, banyaknya bonus yang didapat.


Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai aqiqah dengan kami Aqiqah Abah Husein, bisa langsung kontak yang telah kami sediakan.


Baca Juga: Bolehkan Aqiqah Dicicil


Batas Umur Aqiqah Anak Perempuan 

Tidak semua orang tua ketika prosesi melahirkan mempunyai dana, apalagi sampai melaksanakan aqiqahi anaknya. Sebetulnya ibadah aqiqah ini tidak wajib bagi yang belum mampu, Islam agama yang kita anut ini, tidak membebani suatu ibadah kepada pemeluknya yang dalam keadaan tidak mampu.


Untuk itu ada prasyarat yang musti jelas kita tahu, bahwa aqiqah merupakan ibadah sunah yang sebaiknya dilakukan jika keadaannya (financial) longgar. Namun bagi yang tidak mampu, maka batas umur aqiqah anak perempuan dan laki-laki menunggu sampai dananya sudah ada.


Tidak musti melakukan aqiqah di hari ketujuh kelahiran seorang anak. Jika ketujuh sari kelahirannya kita tidak melakukan aqiqah maka tidak berdosa. Dengan demikian jelas bahwa hukum batas umur aqiqah anak perempuan dan lakilaki tergantung keadaan ekonomi orang tua yang baru saja diberi momongan.


Ada kalimat bahwa anak adalah sumber rezeki, semoga semua orang tua yang baru dan akan mempunyai anak diberi kemudahan rezeki oleh Allah SWT. Anak dan ibu yang dilahirkan selamat tanpa ada masalah apapun.


Syarat Aqiqah Anak Laki Laki Dewasa

Syarat aqiqah anak laki-laki (dewasa) ini harus kita pahami dahulu sebelum melaksanakan ibadah ini. Kelompok Madzab Malikiyah memiliki pendapat jika waktu aqiqah cuma sampai hari ketujuh saat kelahiran. Bila hari ketujuh telah berakhir karena itu beribadah aqiqah tidak kembali berlaku.


Adapun madzab Syafi'iyah (merupakan madzab yang banyak diikuti oleh masyarakat Indonesia), mereka memperkenankan untuk orangtua melakukan aqiqah anaknya sampai ia masuk baligh.


Adapun persyaratan aqiqah anak perempuan dan laki laki sebetulnya hampir sama. Perbedaannya hanya pada jumlah kambing yang untuk aqiqah.


Jika syarat kambing aqiqah anak perempuan ialah satu, namun untuk laki-laki berjumlah dua. Syarat aqiqah anak laki-laki (dewasa) yang dua kambing itu tidak musti dilakukan sekaligus, maksudnya, jika keadaan mendukung dari segi financial sebaiknya langsung dilakukan dengan memotong dua kambing, jika tidak, maka diperbolehkan mencicilnya dengan satu kambing terlebih dahulu.


Diperbolehkan bagi orang tua yang keadaan ekonominya belum mampu untuk melaksanakan aqiqah dengan dua kambing, sampai dirinya mampu secara ekonomi untuk melaksanakannya. Jika satu pun tidak mampu maka tidak dianjurkan untuk melaksankan aqiqah, seperti yang telah diterangkan diatas, bahwa ibadah aqiqah ini dilakukan hanya untuk muslim yang sudah mampu secara ekonomi, jika tidak maka tidak dianjurkan.


Yang jelas, batas umur aqiqah anak laki-laki dan perempuan tidak terbatas, karena didalam syarat utama aqiqah ialah kemampuan secara ekonomi. Jika pada suatu hari keadaan ekonominya mampu maka ibadah aqiqah ini sangat dianjurkan dilaksanakan secepatnya.


Baca Juga: Bolehkan Aqiqah Tanpa Pengajian


Syarat Kambing Aqiqah

Aqiqah merupakan ibadah yang sebaiknya dilakukan dengan kambing yang gemuk.  Namun, bobot saja tidak cukup karena ada syarat tertentu yang musti diketahui oleh orang tua yang akan melaksanakan aqiqah.


  • Usia Kambing untuk Aqiqah

Usia kambing untuk Aqiqah harus sesuai ketetapan yang ditata oleh syariat Islam. Berapakah sich umur kambing yang dibolehkan untuk Aqiqah?


Berikut usia kambing Aqiqah menurut tipe hewannya:


  1. Kambing = 1 Tahun
  2. Domba = 6 Bulan


Persyaratan usia itu berdasarkan penjelasan beberapa ulama berlaku untuk hewan qurban dan aqiqah. Alasan Hadits berkenaan usia kambing Aqiqah, yakni hadits dari sahabat Jabir radhiyallahu ‘anhu.


Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menerangkan persyaratan Aqiqah :


''Janganlah kalian menyembelih kecuali “musinnah”, kecuali jika hal tersebut sulit bagi kalian maka sembelihlah “jadza’ah” dari domba". (HR. Muslim No. 1963)


Jelas bahwa untuk usia kambing aqiqah, sepeti hadist yaang telah diterangkan diatas maka minimum satu tahun, dan persyaratan domba Aqiqah minimum enam bulan. Untuk itu, bagi yang akan melaksanakan aqiqah perlu kita lihat kembali usia kambing untuk aqiqah bergantung tipe hewannya karena ada ketidaksamaan ketetapan usia pada kambing dan domba.


  • Bebas Cacat

Tidak diperkenankan melaksanakan aqiqah dengan kambing atau domba yang cacat. Penting untuk diketahui 4 cacat yang jangan ada di hewan Aqiqah seperti:


  1. Buta matanya
  2. Sakit anggota tubuhnya
  3. Pincang kakinya
  4. Kurus


Dalilnya ialah hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam seperti berikut:


Dari Al Bara' bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, dia berbicara,


"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah kami dan berbicara,


“Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban:


  1. buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya,
  2. sakit dan tampak jelas sakitnya,
  3. pincang dan tampak jelas pincangnya,
  4. sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.”


Hadits itu diriwayatkan oleh yang lima (empat penulis kitab sunan ditambah lagi Imam Ahmad). Dishahihkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban.


  • Tipe Kelaminnya Jantan atau Betina

Jenis kambing aqiqah anak laki- laki dan perempuan sama saja dari segi kelaminnya. Kambing atau domba baik jantan atau betina bisa dipakai untuk Aqiqah.


Untuk mendapatkan daging kambing yang bagus maka sebaiknya menggunakan kambing atau domba berjenis kelamin laki-laki. Karena untuk jenis kambing laki-laki biasanya lebih memiliki postur tubuh yang besar sehingga daging yang didapat akan lebih banyak.


  • Jumlah Kambing untuk Anak Wanita dan Lelaki

Aqiqah Anak Perempuan Berapa Kambing? Jenis kambing untuk aqiqah anak perempuan ialah satu ekor.


Aqiqah Anak Laki-Laki Berapa Kambing? Adapun jenis kambing untuk aqiqah anak Laki-Laki yaitu dua ekor.


Tetapi bila tidak sanggup dengan dua ekor kambing untuk Aqiqah anak lelaki maka tidak apa-apa, boleh dengan satu terlebih dahulu.


Dalilnya dari Ibnu ‘Abbas, dia berkata:


"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing seekor gibas (domba)." (HR. Abu Daud no. 2841. Syaikh Al Albani menjelaskan jika hadits ini shahih. Namun kisah yang mengatakan dengan 2 kambing, itu yang lebih shahih)


Baca Juga: Hukum Aqiqah Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal




Kesimpulan Syarat Aqiqah Anak Perempuan Dewasa

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut:


  • Aqiqah anak perempuan dilaksanakan dalam keadaan mampu.
  • Usia aqiqah anak perempuan ialah sampai batas orang tuanya mampu secara ekonomi.
  • Jumlah kambing aqiqah anak perempuan satu ekor
  • Kambing untuk anak perempuan harus sesuai dengan syarat


Demikian artikel dengan judul Syarat Aqiqah Anak Perempuan dan Laki-laki. Semoga artiklnya bermanfaat, terimakasih telah berkunjung.

Wassalmungalaikum wr, wb...

close