Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Kambing Aqiqah Yang Baik dan Benar Sesuai Dengan Syariat

Daftar Isi [Buka]

Untuk Anda yang ingin beli kambing aqiqah sendiri, berikut pembahasan komplet berkenaan beberapa tips memilih kambing aqiqah untuk anak yang penting Anda kenali.


Adapun tips memilih kambing aqiqah yang sehat diantaranya badannya kuat, berdada lebar, pinggangnya lempeng, kakinya condong kuat dan kuat, dan memiliki ukuran besar dan panjang, badannya tidak begitu gendut maupun terlampau kurus.


Tips Memilih Kambing Aqiqah Yang Baik dan Benar Sesuai Dengan Syariat
Tips Memilih Kambing Aqiqah Yang Baik dan Benar Sesuai Dengan Syariat


Maka kambing yang sehat tidak harus gendut, jadi janganlah menjadikan besar hewan itu sebagai ukuran untuk menyaksikan sehat atau tidak. Karena tidak bisa dijadikan jaminan kalau gemuk pasti sehat, untuk lebih jelasnya mari simak tips memilih kambing aqiqah yang baik dan sesuai dengan ketentuan syariat.


Tips Memilih Kambing Aqiqah

Tips memilih kambing aqiqah sebenarnua sangat sederhana, apalagi untuk yang biasa melihat kambing, entah dipasar atau ternak sendiri. Memang dalam penggunaan aqiqah ada beberapa syarat hewan aqiqah yang musti diperhatikan. 


Anda harus memerhatikan beberapa persyaratan yang perlu disanggupi supaya kambing pantas dipakai sebagai aqiqah. Jangan asal-asalan dalam memilih kambing aqiqah, hal ini bisa membuat ibadah aqiqah Anda tertolak karena kesalahan memilih hewan aqiqah ini.


Saat melaksanakan perintah agama yang ini, Anda harus jeli. Karena tidak gampang dalam memilih kambing untuk aqiqah. Adapun syarat kambing aqiqah seperti berikut.


  • Sehat
  • Tidak lenyap beberapa anggota tubuh seperti sundul atau kuping
  • Tidak cacat dan tidak ompong


Disamping itu, diprioritaskan memilih yang berkelamin jantan, walau tidak ada hadits yang mengatakan jika hewan aqiqah harus berkelamin jantan. Ini penting untuk jadi perhatian untuk keberlangsungan reproduksi hewan supaya selalu terlindungi.


Pemilihan kambing jantan ini juga dimaksudkan agar daging yang diperoleh bisa lebih banyak. Postur kambing jantan dan betina berbeda, cenderung yang jantan memiliki tubuh yang lebih besar.


Perlu Anda kenali jika syarat di atas sebagai qias dari kambing untuk qurban. Maka dari itu, bisa diambil kesimpulan jika syarat Aqiqah sama dengan kambing Qurban. Tetapi, ada pula beberapa ulama membolehkan jenis kambing qurban dijadikan standar untuk aqiqah.


Pasti yang paling afdol adalah sama sesuai syarat di atas, terutama bila Anda lebih yakini tuntunan Rasulullah. Ada beberapa faedah yang terdapat di dalam Aqiqah tersebut, sebagai contoh untuk memperkuat bersilahturahmi dan ikatan sosial dengan beberapa famili, fakir miskin, tetangga, dan lain-lain. Oleh karenanya, Anda perlu mempraktikkan sunnah ini.



Tips Memilih Kambing Aqiqah Ketika Beli Dipasar Atau Peternak

Ada 6 hal yang musti Anda perhatikan sebelum membeli kambing untuk keperluan aqiqah. Berikut tips memilih kambing aqiqah yang penting untuk diketahui:


  • Mata yang Sehat

Kambing yang sehat bisa jadi perhatian dari sisi matanya. Bila matanya bisa konsentrasi dan menyaksikan secara jelas bisa ditegaskan hewan itu pada keadaan baik. Penglihatan mata yang konsentrasi, mengisyaratkan jika hewan itu bisa menyaksikan secara jelas.


Disamping itu, jauhi kambing dengan mata yang merah. Mata merah menjadi satu diantara pertanda jika hewan tidak sedang sehat.


  • Gigi dan Kuku yang Bersih

Untuk pastikan jika hewan itu sehat, Anda bisa juga memerhatikan sisi khusus giginya, pada rahang giginya sebaiknya kuat buat kunyah makanan. Disamping itu, kuku yang bersih jadi aspek khusus jika hewan aqiqah itu pantas.


Kuku bersih sebagai pertanda jika kambing sehat. Kambing ditegaskan terlepas dari cacing jika kukunya bersih. Cacing bisa mengalami perkembangan biak dalam kambing. Benar-benar beresiko jika Anda konsumsi daging kambing yang terjangit cacing.


  • Punggung yang Besar

Seterusnya, kambing yang memiliki daging banyak bisa disaksikan di bagian punggung dan pahanya. Upayakan untuk memilih kambing dengan punggung yang besar. Punggung besar mengisyaratkan jika kambing mempunyai daging yang banyak.


Maknanya masakan dengan bahan dasar daging kambing yang diproses untuk aqiqah hasilkan jatah yang banyak. Baiknya berat kambing yang cukup usia untuk aqiqah ialah 30 sampai 40 kg. Bila lebih, malah lebih bagus. Terkecuali bila Anda mendapatkan kambing yang beratnya kurang, bisa saja ternak itu belumlah cukup usia untuk disembelih.


  • Beli pada keadaan hidup

Penting untuk Anda kenali, beli kambing aqiqah pada kondisi masih hidup mempunyai tujuan agar daging terjaga fresh dan mempunyai kisah kesehatan yang terang. Beda hal bila Anda pesan paket aqiqah lewat cara online, dianjurkan untuk minta video atau foto dokumentasi dari faksi penyuplai service buat untuk pastikan. Lebih bagus kembali bila customer ketahui langkah beternak kambing aqiqah dari penyuplai servicenya.


Tidak ada ketentuan untuk beli kambing pada kondisi hidup. Tetapi untuk jamin jika kambing sehat, karena itu Anda disarakan untuk beli yang hidup. Disamping itu, Anda bisa juga pastikan jika hewan ternak itu akan disembelih dengan disyariatkan. Ini penting untuk jaga kehalalan.


  • Tidak boleh beli yang telah dipotong

Beli daging kambing yang telah dipotongi berefek lumayan besar. Ini karena konsumen tidak saksikan secara langsung keadaan kambing itu.


Karena Anda tidak paham, apa disembelih dengan syariat yang betul atau mungkin tidak. Ini karena bila hewan itu disembelih tidak dengan menyebutkan nama Allah, jadikan daging kambing itu tidak halal untuk dimakan.


  • Tidak boleh gampang tertipu pada harga

Harga mahal tidak jamin Anda memperoleh kambing yang bagus untuk aqiqah. Dianjurkan untuk Anda untuk memilih kambing sama sesuai bujet. Adapun langkah untuk dapat memperoleh kambing yang seperti keinginan adalah Anda dapat cari info lebih dulu dari beragam sumber.


Ciri-ciri Kambing Yang Sehat Untuk Aqiqah

Sebelum memutuskan membeli kambing aqiqah sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu dari segi fisiknya. Berikut tips memilih kambing aqiqah dari segi fisik:


  • Gerak-gerik kambing lincah, kuat, pinggang lurus, kakinya kokoh dan tegak, dan memiliki ukuran tubuh yang besar dan panjang tapi tidak gemuk.
  • Mata kambing sehat, sehat disini yaitu bisa melihat dengan jelas dan fokus tidak menoleh kesana-kemari.
  • Bagian gigi dan rahang harus kuat, dengan ciri saat kambing mengunyah makanan terlihat kuat dan sedikit bunyi keras.
  • Bagian kuku kambing harus bersih, untuk memastikan tidak ada cacing di bagian tersebut.
  • Memiliki sepasang Tanduk


Nah itu dia beberapa ciri untuk mengetahui kambing aqiqah itu sehat atau tidak dan nantinya kalian bisa memutuskan bisa untuk kurban ataupun aqiqah. Secara umum, mungkin itu saja ciri kambing yang sehat, namun biasanya kambing untuk kurban dan aqiqah memiliki kriteria yang sedikit berbeda, jadi ciri diatas yaitu ciri kambing yang sehat secara umum baik kambing jawa, gibas, ataupun etawa.


Demikian artikel mengenai tips memilih kambimg aqiqah yang musti Anda ketahui sebelum melaksanakan ibadah aqiqah. Semoga artikel ini bermanfaat, semoga ibadah aqiqah yang akan Anda lakukan diberi pahala yang berlimpah oleh Allah SWT, aminn,,,

close