Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Umur Hewan Aqiqah Yang Sesuai Dengan Syarat Sah Syariat Islam

Daftar Isi [Buka]

Umur Hewan Aqiqah Yang Sesuai Dengan Syarat Sah Syariat Islam - Aqiqah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslim yang mampu. Untuk mendapatkan kesempurnaan aqiqah maka pelaksanaan aqiqah harus berdasarkan dengan syariat yang berlaku tidak terkecuali umur hewan yang akan dijadikan aqiqah.


Umur Hewan Aqiqah
Umur Hewan Aqiqah


Umur hewan Aqiqah dari tipe domba putih yang sehat umur minimum 1/2 tahun dan kambing jawa minimum setahun. Adapun jumlah untuk anak lelaki dua ekor, dan untuk anak wanita seekor, tetapi bila tidak sanggup maka boleh mencicil aqiqah 1 ekor kambing untuk Aqiqah anak laki-laki dibolehkan dan tetap mendapatkan pahala.


Ada ketidaksamaan persyaratan di antara aqiqah dengan Qurban, jika daging Qurban dibagi-bagikan pada kondisi mentah, dan aqiqah dibagi-bagikan pada kondisi masak. Yang jelas, bahwa persyaratan dari umur hewan aqiqah ini dimaksudkan agar daging yang dihasilkan bisa maksimal baik secara jumlah daging, tekstur, karena tidak semua umur hewan telah sempurna keadaan fisiknya.


Makna syariat aqiqah yaitu dengan aqiqah maka timbullah rasa kasih-sayang dalam masyarakat karena mereka bergabung pada sebuah perhelatan sebagai pertanda rasa sukur ke Allah SWT.


Dengan aqiqah, memiliki arti bebaslah tali belenggu yang merintangi seorang anak untuk memberi syafaat ke orang tuanya, dan lebih dari itu semua, sesungguhnya aqiqah ialah jalankan syiar Islam.




Umur Hewan Aqiqah

Syarat dan Ketetapan Kambing Untuk Aqiqah Umur Berapa? Berikut banyak hal yang harus dipahami saat sebelum tentukan hewan itu sebagai hewan aqiqah.


Hewan untuk aqiqah anak datang dari mamalia kecil yaitu seperti kambing, domba, atau biri-biri. Sama seperti yang sudah diterangkan di atas jika umur kambing untuk aqiqah anak sama dengan ketetapan umur hewan kurban (minimum satu tahun) atau yang sudah poel.


Bila dengan bahasa Jawa, ada istilah telah poel atau ada gigi kambing yang pernah tanggal karena mencapai umur dewasa dan itu lebih bagus untuk dijadikan penanda umur hewan aqiqah layak untuk dibuat aqiqah. Tidak jadi permasalahan memakai kambing jantan atau betina seperti sabda Rasulullah SAW dari jalan Ummu Kurz ", tidak mahdharat untuk kamu apa kambing lelaki atau kambing wanita."


Itu tadi pembahasan berkaitan dengan umur hewan aqiqah, yakni minimal satu tahun atau sudah phoel. Adapun syarat yang musti dimiliki selain dari umur ialah keadaan fisik hewan aqiqah itu sendiri, untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan pembahasan mengenai syarat kambing aqiqah menurut Islam.


Baca Juga: Biaya Aqiqah Anak Perempuan


Syarat Kambing Aqiqah Menurut Islam

Beberapa syarat kambing aqiqah yang sesuai hukum islam akan diterangkan di bawah ini.


Syarat Kambing Aqiqah

Berkenaan jumlah kambing yang perlu disembelih untuk aqiqah telah kami terangkan pada artikel awalnya. Berdasar pada hadist Nabi Muhammad SAW, jumlah kambing aqiqah untuk anak lelaki sejumlah 2 ekor dan jumlah kambing aqiqah untuk anak wanita ialah 1 ekor kambing saja.


Tetapi, jika anda tidak sanggup untuk melakukan aqiqah karena itu anda dapat mengaqiqahkan dengan 1 ekor kambing untuk memperoleh faedah, kebaikan dan pahala dalam melakukan aqiqah.


Dan untuk syarat syah tipe kelamin untuk kambing yang hendak dipakai untuk aqiqah tidak jadi permasalahan apa itu kambing jantan atau kambing betina. Hal itu sesuai hadist Nabi Muhammad SAW dari Ummu Kurz yang mengeluarkan bunyi:


"tidak mudharat untuk kamu apakah memakai kambing lelaki atau mungkin kambing wanita" (HR. Ummu Kurz)


Syarat Fisik Kambing Aqiqah

Menurut pendapat dari ulama salaf mereka mengatakan jika syarat fisik kambing yang hendak disembelih untuk kepentingan aqiqah yang paling penting ialah kambing yang sehat dan untuk syarat fisik yang lain pada umumnya hampir serupa dengan syarat hewan untuk qurban di saat hari raya idul adha. 


Adapun keadaan fisik hewan qurban dan aqiqah ialah harus sehat, mempunyai berat dan berat yang cocok timbangannya, tidak cacat, bebas dari penyakit dan cukup umur untuk disembelih.


Pilih kambing aqiqah yang penuhi syarat syah dan ketetapan yang sesuai syariat islam memanglah tidak gampang jika kita belum juga mempunyai pengalaman. Maka dari itu, Aqiqah Abah Husein Cilacap sebagai jasa aqiqah online datang buat anda untuk menangani permasalahan dalam memilihkannya kambing aqiqah terbaik sesuai syariat islam.


Acara aqiqah yang hendak diadakan dengan niat yang bagus tentu saja akan memberi kebahagiaan yang optimal untuk beberapa tamu undangan yang datang dan turut doakan keselamatan buah hati kesayangan anda.


Baca Juga: Bolehkah Aqiqah Dicicil


Syarat Umur Kambing Aqiqah

Sesudah anda ketahui berkenaan tipe kelamin, jumlah dan syarat fisik kambing aqiqah. Berikut akan kami terangkan berkenaan syarat umur kambing aqiqah yang pas dan sesuai syariat islam untuk jadi hewan aqiqah.


Berkenaan batasana umur kambing aqiqah kembali lagi kita harus mengarah pada hadist Nabi Muhammad SAW karena hewan aqiqah yang kurang cukup umur akan membuat beribadah aqiqah yang kita kerjakan jadi tidak syah.


Sama seperti yang telah diterangkan diatas, jika syarat hewan aqiqah sama dengan syarat hewan qurban begitupun berkenaan umurnya.


Nach, pertanyaannya ialah apakah itu musinnah? Musinnah sebagai kecukupan umur dari hewan yang hendak diqurbankan atau disembelih. Berikut sejumlah syarat hewan untuk qurban pada hari raya idul adha yang sama dengan hewan aqiqah:


Ketetapan Umur Minimum


  • Unta 5 Tahun
  • Sapi 2 Tahun
  • Kambing 1 Tahun
  • Domba 6 Bulan


Dalam hadist itu disebut kata Jadza'ah. Pemahaman dari Jadza'ah sendiri ialah domba yang telah berumur 6 bulan sampai capai setahun.


Baca Juga: Cara Memilih Kambing Untuk Aqiqah


Kesimpulan Umur Hewan Aqiqah

Dari penjelaskan diatas, bisa diambil kesimpulan jika umur hewan aqiqah yang dapat dijadikan aqiqah minimal harus berumur lebih dari sau tahun dan sudah poel. Untuk tipe kambingnya, anda dapat pilih beragam tipe kambing yang dari wilayah manapun yang penting sehat dan tidak cacat.

close