Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Umur Kambing Untuk Aqiqah Yang Harus Diperhatikan Agar Ibadah Aqiqah Bisa Sah

Daftar Isi [Buka]

Siapa sih yang menginginkan ibadahnya ditolak hanya karena ketiktahuan mengenai syarat umur kambing untuk aqiqah. Setiap orang pasti menginginkan ibadah apapun diterima oleh Allah dan mendapatkan pahala yang berlimpah.


Umur Kambing Untuk Aqiqah
Umur Kambing Untuk Aqiqah


Jenis dan umur kambing untuk aqiqah sebenarnya sama saja seperti untuk qurban. Namun, pengetahuan kambing untuk aqiqah tidak semua orang mengetahuinya, untuk itu pada artikel ini kami sajikan untuk Anda agar ibadah yang akan dilakukan bisa maksimal dan diterima olehNya.


Umur Kambing Aqiqah

Jadi berapakah persyaratan umur kambing untuk aqiqah dan dapat disembelih untuk pelaksanaan ibadah aqiqah:


  • Unta: lima tahun
  • Sapi: dua tahun
  • Kambing: satu tahun
  • Domba: enam bulan


Selainnya dari pada itu, memerhatikan umur kambing aqiqah yang penuhi persyaratan, harus juga jadi perhatian jika hewan aqiqah bebas dari cacat fisik, keadaannya sehat, berumur cukup. Ada empat cacat yang tidak dibolehkan ada di hewan qurban atau aqiqah, diantaranya:


  1. Buta samping matanya dan terang sekali kebutaannya.
  2. Pincang dan kelihatan terang pincangnya.
  3. Sakit dan terlihat terang sakitnya.
  4. Benar-benar kurus yang tidak berlemak kembali sampai tidak punyai sumsum tulang.


Menurut Malik, hewan aqiqah sama dengan qurban, tidak dibolehkan menyembelih binatang yang cacat, berpenyakit, kurus dan kakinya patah. Tipe kelamin hewan aqiqah tidak memiliki masalah, kambinng betina sama seperti seperti hewan qurban bisa disembelih dan sah untuk dijadikan aqiqah atau qurban.


Syarat Hewan Aqiqah

Untuk tipe hewan yang hendak dipakai untuk aqiqah adalah hewan ternak, yakni domba atau kambing. Tidak ada bimbingan yang menjelaskan tipe kelaminnya. Dan persyaratan penyeleksian hewannya, lebih kurang sama dengan penyeleksian hewan untuk kurban. Yaitu:


  1. Hewan harus sehat jasmaninya, jangan cacat
  2. Bisa betina atau jantan
  3. Bukan hewan curian
  4. Jika Kambing, umur kambing untuk aqiqah umurnya harus minimum satu tahun (masuk tahun ke-2)
  5. Jika Domba, umurnya harus minimum enam bulan (masuk tahun ke-7)




Jumlah Hewan Yang Disembelih

"Barangsiapa antara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi karena itu sebaiknya dia kerjakan untuk lelaki dua kambing yang serupa dan untuk wanita satu kambing." (Hadits Kisah Abu Dawud, Nasa'I, Ahmad)


Dari hadist di atas sudah terang disebut jika aqiqah hewan kambing aqiqah untuk anak lelaki diwajibkan 2 ekor kambing. Dan anak wanita cukup 1 ekor kambing.


Demikian artikel mengenai umur kambing untuk aqiqah. Semoga bisa membantu Anda sebelum melaksanakan ibadah sakral ini.

close