Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bedda Lotong Adalah: Berikut Pengertian, Manfaat, Cara Membuat dan Cara Pakainya

Daftar Isi [Buka]
Bedda Lotong Adalah
Bedda Lotong Adalah

AqiqahAbahHusein.id - Bedda lotong adalah lulur bedak hitam alami yang banyak di gandrungi oleh suku Bugis yang berada di Sulawesi Selatan, terutamanya warga Pinrang dan ada banyak dipakai wanita di Sulawesi Selatan.

Lulur bedda lotong adalah lulur tradisionil ala-ala wanita Bugis yang telah populer lama. Di mana dulunya lulur ini cuma dipakai oleh kelompok bangsawan, tetapi sekarang ini sudah menyebar luas.

Lulur ini disebutkan bedda lotong adalah karena komposisi dasarnya diperoleh dari ketan hitam. Lulur ini dipercaya sanggup memutihkan dan membuat tubuh kelihatan bersih dan cerah.

Tidak itu saja, bedda lotong adalah lulur yang percayai bisa menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit, memutihkan kulit, kencangkan kulit wajah atau badan, memperkecil pori-pori dan membuat kulit kelihatan bersih dan ceria.

Dulu bedda lotong cuma dibuat oleh warga untuk dipakai secara individu tetapi sekarang ini lulur bedda lotong juga sudah banyak dibuat untuk dikomersialkan ke semua Indonesia.

Bedda Lotong Adalah Lulur Tradsional Khas Bugis

Bedda Lotong Adalah
Bedda Lotong Adalah

Bedda lotong adalah bedak alami tradisionil dari suku bugis yang bisa menangani permasalahan kulit. Untuk Anda yang jemu dengan perawatan kecantikan saat ini, kemungkinan Anda bisa berpindah ke perawatan tradisionil ini.

Rahasia kecantikan alami wanita nusantara ialah pada pemakaian beberapa bahan dari alam yang diproses tanpa zat kimia tambahan hingga aman untuk kulit.

Salah satunya resep alami kecantikan ciri khas Nusantara adalah Bedda Lotong dari Bugis.

Bedda Lotong adalah bedak hitam, merujuk ke berwarna yang dari bahan intinya, Bedda Lotong dibikin dari ketan hitam.

Wanita-wanita bangsawan di kerajaan Bugis seperti Soppeng, Bone, Sidrap, Sengkang, dan yang lain, semenjak kecil sudah menggunakan Bedda Lotong. Bedda Lotong digunakan di wajah dan sekujur badan.

Pada periode kekinian, Bedda Lotong jadi lulur harus pengantin suku Bugis. Sekarang formulasi itu sudah umum digunakan wanita di Sulawesi Selatan. Saat sebelum menikah pengantin wanita harus menggunakan Bedda Lotong sepanjang 30 hari.

Warga di tempat yakin, Bedda Lotong sanggup menghidupkan aura kecantikan pada hari pernikahan. Bedda Lotong adalah lulur tradisional yang banyak memiliki kegunaan untuk kulit. Selain mengusung sel mati, ramuan ini sanggup menormalkan lebam.

Bedda Lotong bisa jaga kelembapan kulit, hilangkan bercak, dan memberi gizi di kulit bedak hitam ini dibikin dari Ketan hitam, kunyit, jumpa lawak, kencur, dan minyak zaitun.Ada pula yang menambah asam jawa ke resep pembikinannya.

Selainnya jadi lulur, Bedda Lotong bisa jadi masker wajah. Dulu Bedda Lotong perlu dibikin sendiri oleh pemakainya, atau dipeaan ke pakarnya. 

Tetapi sekarang Bedda Lotong sudah dibuat secara massal oleh beberapa usaha rumah tangga dan industri rumahan.

Bahkan juga Bedda Lotong sudah dibuat di Malaysia dan dipakai oleh beberapa pengantin di daerah Sabah.

Bedak lotong sudah lama dipakai wanita bugis untuk perawatan kulit setiap hari. Bedak lotong mempunyai manfaat baik untuk kulit, misalnya:

  • Membuat kulit kelihatan bersih dan ceria
  • Memutihkan kulit
  • Memperkecil pori-pori
  • Menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit
  • Kencangkan kulit wajah atau badan

Cara Membuat Bedda Lotong

Bahan utama dari bedda lotong adalah yang dicampur berbagai komposisi lain. Bila Anda ingin membuatny sendiri dirumah berikut cara membuatnya.

Berikut bahan yang musti kamu persiapkan:

  • 500 gr beras ketan hitam (cuci dan tiriskan)
  • 1 parutan jahe
  • 3 atau 4 jeruk parut, bisa diganti 2 jeruk nipis dan 1 lemon
  • 1 batang (parut)
  • asam jawa secukupnya
  • 4 lembar daun pandan, potong kecil-kecil
  • 1 sendok makan cengkeh

Baca Juga: Cara Memakai Lulur Bedda Lotong yang Benar

Panduan cara membuat bedda lotong

  1. Sangrai beras ketan hitam dan daun pandan hingga beras ketan hitam mengembang dan hangus. 45 menit sampai 1 jam.
  2. Dinginkan dan pindahkan ke wadah
  3. Campur asam jawa dengan air dalam kisaran 750ml - 1 liter (sesuai selera), peras asam jawa, lalu saring. Tambahkan cengkeh/kayu manis. Aduk rata.
  4. Campurkan parutan jahe/kunyit, bengkuang dan air jeruk nipis. Saat menguleni atau mengaduk.
  5. Kemudian tambahkan air asam jawa dan cengkeh/kayu manis ke dalam ketan hitam, aduk rata dan diamkan selama 24 jam.
  6. Setelah 24 jam teksturnya sudah melunak, dan jika masih kurang lembut, haluskan.

Cara penggunaan bedda lotong dapat dioleskan secara langsung dan merata pada tubuh dan wajah. Tunggu sampai scrub mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan. Tidak perlu menggunakan sabun setelah digunakan.

Demikian tadi artikel mengenai lulur tradisional khas Bugis. Bedda Lotong adalah warisan leluhur Nusantara untuk selalu mempercantikan para perempuannya. Semoga bermanfaat, selalu cintai produk dalam negeri, terimkasih.

close