Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Sabun Pepaya Agar Cepat Putih untuk Badan, Awas Jangan Salah Pakai

Daftar Isi [Buka]

AqiqahAbahHusein.id - Simak cara menggunakan sabun pepaya agar cepat putih untuk badan agar bisa maksimal. Sabun pepaya saat ini ramai diperbincangkan warganet setelah beberapa hari lalu ada vloger beauty yang memperlihatkan kulitnya setelah menggunakan sabun pepaya.

Tak heran, wargane ingin juga memiliki kulit cerah seperti yang dimiliki oleh vloger tersebut.

Namun, tidak sedikit yang belum mengetahui cara menggunakan sabun pepaya agar cepat putih untuk badan.

Untuk itu artikel ini diperuntukan untuk kamu yang ingin mencerahkan kulit menggunakan sabun pepaya.

Cara Menggunakan Sabun Pepaya Agar Cepat Putih untuk Badan
Cara Menggunakan Sabun Pepaya Agar Cepat Putih untuk Badan

Kegunaan pepaya bukan hanya bisa didapat dari buahnya langsung, tapi dapat diambil dari konsentratnya yang sudah terkemas dalam sabun pepaya.

Sejauh ini, beberapa orang telah memakai sabun pepaya untuk bersihkan tubuh atau menjadikan sebagai sabun pencuci muka dan badan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Bedda Lotong Bubuk

Cara Menggunakan Sabun Pepaya Agar Cepat Putih untuk Badan

Gak boleh cuma kulit muka saja yang dirawat ya. Kulit badan juga harus dijaga kesehatannya.

Kulit yang putih dan lembut sering jadi dambaan beberapa wanita, karenanya baca ccara menggunakan sabun pepaya agar cepat putih untuk badan.

Bila cuma muka saja yang dirawat dan diputihkan, janganlah sampai terkejut jika mendadak orang menanyakan apa Anda sedang menggunakan kedok.

Tidak mau itu terjadi kan? Nach, seharusnya menjaga kulit memang seharusnya lengkap.

Cara menggunakan sabun pepaya agar cepat putih untuk badan kamu dapat memakai sabun pepaya untuk mandi hingga dapat membuat cerah kulit. Kandungan dalam pepaya yang baik untuk kulit sudah bukan rahasia kembali dan sudah dipakai lama Ladies.

Sabun pepaya tinggal disabunkan ke semua tubuh dan diamkan lebih kurang sepanjang 3 menit dan basuh sesudahnya.

Sering kali dampaknya jadikan kulit kering, tetapi tak perlu cemas, untuk menanganinya, selekasnya gosokkan pelembab atau lotion sesudah mandi ya.

Kamu dapat menukar pencuci muka dengan memakai sabun pepaya . Maka tak perlu habiskan uang banyak dan banyak sabun untuk perawatan.

Cuma diperlukan satu tipe sabun untuk menjaga muka dan badan. Ringkas kan?

Tiap wanita mempunyai tipe kulit yang berbeda, dan kadang memerlukan perawatan yang lain juga. 

Bila sabun pepaya dirasakan tidak begitu pas dengan tipe kulit kamu, tidak jadi masalah kok. Yang paling penting, dapat mendapati produk yang pas untuk membuat cerah kulit elok.

Baca Juga: Cara Membuat Lulur Pemutih Badan Permanen Dari Beras

Manfaat Sabun Pepaya Untuk Badan

Setelah kita mengetahui cara menggunakan sabun pepaya agar cepat putih untuk badan, selanjutny amari kita cari tau apa manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit.

Ternyata ada banyak loh, berikut manfaat menggunakan sabun pepaya untuk badan:

  • Menghilangkan sel-sel kulit mati

Enzim papain dalam sabun pepaya bisa menolong mengusung sel-sel kulit mati hingga membuat muka kelihatan lebih sehat dan bersih. Dengan memakai sabun pepaya dengan teratur, kulit akan terlihat lebih ceria dan lembut.

  • Membuat cerah kulit

Karena sanggup mengusung sel-sel kulit mati, pemakaian sabun pepaya dengan teratur dapat membuat cerah kulit. Tidak itu saja, sabun pepaya dapat menangani bintik-bintik gelap karena hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit yang belang.

  • Menangani kulit berjerawat dan beruntusan

Faedah sabun pepaya setelah itu kurangi beruntusan dan jerawat di kulit. Faedah ini didapat karena kandungan enzim papain. Papain bisa dibuktikan efisien dalam merusak timbunan keratin yang ada sebagai beruntusan di muka.

Disamping itu, kekuatan enzim papain dalam mengusung sel-sel kulit mati menahan penyumbatan pori-pori yang memacu timbulnya jerawat.

  • Kurangi keriput di muka

Kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang tinggi pada sabun pepaya sanggup menggairahkan produksi collagen kulit untuk kurangi keriput di muka.

Collagen sebagai protein yang diperlukan kulit untuk jaga kelembapan dan elastisitasnya. Kandungan collagen yang cukup di kulit bisa membuat kulit terlihat lebih fresh dan kuat.

Walau manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit ada bermacam, Anda harus tetap berhati-hati dalam memakainya.

Masalahnya pada beberapa orang, reaksi alergi berbentuk gatal, kemerahan, atau bengkak bisa ada sesudah memakai sabun pepaya.

Resiko alergi di kulit pada sabun pepaya umumnya ada ke orang yang mempunyai alergi pada buah pepaya atau lateks .

Maka, bila ada reaksi alergi, selekasnya stop pemakaian dan basuh selekasnya sama air bersih.

Selainnya memerhatikan reaksi alergi, yakinkan juga jika sabun pepaya yang Anda membeli sudah kantongi ijin BPOM.

Sabun yang belum mempunyai ijin BPOM seharusnya tidak Anda pakai karena belum bisa dibuktikan keamanannya.

Baca Juga: Efek Samping Bedda Lotong

Cara Membuat Sabun Pepaya Sendiri untuk Memutihkan Badan

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah sabun Papaya
  • 1 kaleng susu Beruang

Alat untuk membuatnya:

  • 1 buah panci
  • 1 buah parutan

Langkah membuat:

  1. Parutlah sabun Papaya dengan memakai parutan langsung parut ke panci sampai sabun habis.
  2. Masukan 1 kaleng susu Beruang tuangkan sampai habis.
  3. Setelah itu masak dengan api yang kecil. Aduk sampai rata.

Cara Menjaga Kulit Muka dan Badan Agar Cepat Puitih dan Sehat

Manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit muka bisa didapat dengan maksimal bila Anda pun lakukan perawatan kulit secara benar.

Karena itu, yakinkan Anda sudah mengaplikasikan cara berikut saat menjaga kulit muka:

  • Membersihkan muka dengan teratur memakai sabun pepaya minimal 2x satu hari.
  • Keringkan muka dengan handuk halus dengan menepuk muka secara perlahan-lahan sesudah dibikin bersih.
  • Berikan pelembap yang sesuai tipe kulit yang dipunyai.
  • Pakai tirai surya dengan SPF minimum 30 supaya kulit masih tetap terlindung dari pancaran cahaya UV.

Aplikasikan gaya hidup sehat dengan cara konsumsi makanan sehat, olahraga dengan teratur, beristirahat cukup, dan mengurus depresi secara baik.

Tersebut faedah sabun pepaya dan cara mempertahankan kesehatan kulit yang penting Anda kenali. Apabila sudah memakai sabun pepaya, tapi hasil yang didapatkan tidak memberikan kepuasan, Anda dapat konsultasi ke dokter kulit untuk memperoleh perawatan yang sesuai keadaan kulit Anda.

Pepaya sebagai salah satunya buah yang banyak memiliki manfaar untuk badan.

Kandungan vitamin A, C dan E yang berada di dalam pepaya dipercayai banyak memiliki faedah untuk kulit.

Disamping itu, kandungan enzim papain yang berada di dalam nbuah warna orange ini kaya faedahnya untuk kesehatan.

Tidaklah aneh, jika sekarang ini telah banyak produk perawatan badan dengan bahan dasar pepaya. Salah satunya yang terpopuler ialah sabun pepaya.

Selainnya dikenali murah, faedah sabun pepaya banyak, terhitung untuk muka dan badan. Bahkan juga, sabun pepaya dapat hilangkan bintik bandel pada baju kamu.

Pengertian Sabun Pepaya dan Manfaatnya Secara Ahli Kecantikan

Sabun pepaya ialah sabun natural serta halus yang aman dipakai di beberapa anggota badan, terhitung muka.

Dibanding dengan sabun mandi, kandungan dalam sabun pepaya lebih halus dan bisa kurangi minyak di kulit.

Ini berbanding kebalik dengan sabun mandi. Meskipun sabun mandi bisa melenyapkan kuman dan kotoran di badan, tapi sabun mandi tidak dianjurkan untuk dipakai di bagian muka.

Beberapa sabun mandi memiliki kandungan detergent sintetis dan bahan yang lain bisa hilangkan kelembapan kulit alami kamu.

Bila sedang berjerawat, pemakaian sabun biasa bisa jadi memperburuk keadaan muka kamu, karena kandungan itu bisa membuat kulit makin kering dan gatal.


Sabun pepaya dibuat dari beberapa bahan alami, seperti enzim papain, yang merusak protein. American Journal of Biochemistry and Biotechnology menerangkan enzim papain sebagai zat yang diambil dari getah buah pepaya mentah dan banyak memiliki faedah.

Enzim ini mempunyai karakter anti infeksi hingga baik sekali untuk kesehatan kulit. Tidaklah aneh, jika banyak faedah sabun pepaya yang dapat kamu rasakan saat memakainya.

Pepaya memiliki kandungan gizi untuk tingkatkan kesehatan kulit. Ini menjadi satu diantara faedah sabun pepaya.

Produk perawatan yang diambil dari konsentrat getah buah pepaya ini memiliki kandungan vitamin C, anti-oksidan yang bisa kurangi pigmentasi tidak teratur dan menggairahkan produksi collagen.

Disamping itu, sabun pepaya memiliki kandungan vitamin A, gizi penting yang lain untuk kulit.

Kandungan ini bisa tingkatkan produksi sel-sel kulit baru dan menolong kurangi bintik hitam dan sisa cedera. Merilis healthline, berikut manfaat sabun pepaya yang penting kamu kenali.

  • Eksfoliasi

Faedah sabun pepaya ialah bisa menolong eksfoliasi kulit. Enzim papain dalam sabun pepaya bisa menolong terkelupas kulit dan membuat terlihat lebih sehat.


Eksfoliasi menolong hilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit kamu. Memang betul jika kulit mengupdate dirinya dengan alami, tapi eksfoliasi dengan sabun pepaya dengan teratur bisa membuat kulit lebih ceria dan lembut.

Disamping itu, rutinitas ini bisa juga meratakan warna kulit.

  • Menyembuhkan Jerawat

Bila kamu mempunyai kulit yang rawan berjerawat, dapat coba faedah sabun pepaya, karena kandungan yang berada di dalam produk perawatan ini bisa menolong bersihkan bintik dan kurangi timbulnya jerawat.

Sebagai enzim pelarut protein, papain secara efisien hilangkan keratin yang hancur. Keratin ialah protein khusus di kulit, tetapi penumpukannya bisa mengakibatkan terciptanya tonjolan kecil.

Kekuatan sabun pepaya untuk eksfoliasi kulit bisa menahan kulit mati yang menutup pori-pori sebagai salah satunya pemicu jerawat.

Jurnal Seatpearls menerangkan jerawat ialah abnormalitas inflamasi pada unit pilosebasea yang berjalan secara akut dan dapat pulih sendirinya.

Tetapi, tidak ada kelirunya untuk coba faedah sabun pepaya ya kamu.

  • Menyembuhkan Ngilu Karena Sengatan Serangga

Memoleskan sabun pepaya pada cedera atau gigitan serangga bisa menolong menurunkan ngilu, gatal, lebam, dan kemerahan, karena salah satunya faedah sabun pepaya ialah bisa kurangi infeksi dan percepat pengobatan cedera.

Disamping itu, enzim papain dapat merusak protein yang berada di dalam toksin serangga seperti peptida, hingga sabun pepaya bisa menurunkan iritasi kulit yang disebabkan karena toksin serangga.

  • Meratakan Warna Kulit

Bila kamu mempunyai bercak-bercak hiperpigmentasi atau bila bermasalah dengan warna kulit yang tidak rata, sabun pepaya bisa menolong meratakan warna kulit. Salah satunya faedah sabun pepaya ialah meratakan warna kulit.

Hiperpigmentasi ialah penggelapan atau peralihan warna di kulit. Sabun pepaya menolong mengusung sel-sel kulit mati, sabun dengan bertahap bisa kurangi timbulnya bintik hitam, membuat cerah kulit kamu.

Disamping itu sabun pepaya dipercayai bisa menolong meredam produksi melanin yang terlalu berlebih. Sayang, claim ini belum juga memperoleh support ilmiah sampai sekarang ini.

  • Meremajakan Kulit

Kandungan asam alfa hidroksil yang berada di dalam sabun pepaya bisa menolong menahan pertanda penuaan awal. Disamping itu kandungan Vitamin E dan C dapat menolong meremajakan kembali kulit kamu yang mulai keluarkan keriput.

Kamu ingin tampil lebih muda, janganlah lupa untuk coba faedah sabun pepaya ya.

  • Kembalikan Tumit yang Pecah

Mempunyai tumit pecah karena sering terserang panas, membuat kamu jadi tidak optimis saat memakai sepatu sandal.

Disamping itu, tumit yang pecah dapat mengakibatkan ngilu di telapak kaki dan rasanya benar-benar tidak nyaman.

Bila kamu mempunyai permasalahan ini bisa coba faedah sabun pepaya. Kamu perlu membersihkan kaki dengan memakai sabun pepaya dengan teratur tiap hari.

  • Membuat cerah Rambut di Muka

Banyak memiliki rambut di muka pasti membuat kamu kurang optimis. Tetapi, saat kamu alami permasalahan ini dapat coba faedah sabun pepaya.

Enzim dalam pepaya bisa lemahkan folikel rambut dan membuat cerah rambut muka. Bila kamu memakainya dengan teratur akan menahan perkembangan kembali.

  • Hilangkan Bintik Bandel

Selainnya untuk badan, masih tetap ada faedah sabun pepaya yang lain yakni hilangkan bintik bandel di baju. Sabun dengan bahan dasar papain mempunyai kekuatan untuk "makan" protein, secara mudah hilangkan bintik rumput, bintik telur, dan bintik berbasiskan protein yang lain.

Nach selain untuk hilangkan bintik di muka sabun pepaya bisa juga memudahkan tugas rumah kamu.

  • Kurangi Keriput di Muka

Tahukah kamu jika kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang tinggi pada sabun pepaya sanggup menggairahkan produksi collagen kulit untuk kurangi keriput di muka?

Kamu pasti tahu jika collagen sebagai protein yang diperlukan kulit untuk jaga kelembapan dan elastisitasnya. Kandungan collagen yang cukup akan membuat kulit terlihat lebih fresh dan kuat.

Walau demikian, kamu harus waspada dalam memakai sabun pepaya ini ya. Stop pemakaian langsung demikian terjadi iritasi.

Walau dibuat dari bahan natural serta ada beberapa faedah sabun pepaya, tapi tak berarti produk ini aman untuk semuanya orang.

Kamu dianjurkan untuk coba sabun pepaya pada bagian kecil untuk pertama kalinya. Bila alami reaksi alergi, seperti tonjolan, lebam, gatal atau kemerahan seharusnya kamu tidak meneruskan.

Umumnya, reaksi alergi ini akan muncul karena enzim papain diambil dari getah buah pepaya mentah. Hingga saat kamu coba produk buatannya akan memberi reaksi yang serupa seperti saat kamu terserang getah buah pepaya.

Umumnya, kamu yang telah terlatih memakai tipe sabun gentle atau pas untuk semuanya tipe kulit dapat memakai sabun pepaya. Tetapi, saat kamu tidak terlatih seharusnya coba lebih dulu ya.

Kamu begitu keterangan berkenaan sabun pepaya. Selainnya bisa dipakai untuk muka dan badan rupanya faedah sabun pepaya bisa juga dipakai untuk membesihkan bintik bandel ya. Mudah-mudahan berguna.

Demikian tadi cara menggunakan sabun pepaya agar cepat putih untuk badan. Semoga artikelnya bermanfaat, selamat mencoba.

close