Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Lulur Bedda Lotong untuk Wajah, Simak Berapa Kali Memakainya agar Efek Samping Produk yang Asli Dapat Maksimal

Daftar Isi [Buka]

Manfaat Lulur Bedda Lotong
Manfaat Lulur Bedda Lotong untuk Wajah

AqiqahAbahHusein.id - Pahami manfaat lulur bedda lotong asli agar efek samping pada wajah bisa maksimal.

Karean setiap lulur apapun itu mempunyai cara pemakaiannya masing-masing, tidak terkecuali dengan lulur bedda lotong ini.

Racikan tradisional khas Bugis yang telah terbukti ampuh memberikan manfaat Lulur Bedda lotong untuk wjah dan kulit semakin  mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Manfaat lulur Bedda Lotong sudah terbukti turun temurun oleh masyarakat Bugis.

Penggunaan Bedda Lotong ntelah terbukti ampuh efek samping yang diberikannya, sehingga banyak wanita diluar masyarakat Bugis ingin menggunakan lulur ini.

Untuk warga di setempat, perawatan dengan bedak lotong menjadi adat temurun.

Awalannya, manfaat lulur bedda lotong cuma digunakan kelompok bangsawan, tetapi perubahan seterusnya jadi perawatan khusus untuk calon pengantin dari Bugis untuk menjaga kulitnya saat sebelum menikah.

Dikatakan sebagai bedak lotong (hitam) karena dibuat dari ketan hitam dan rempah. Kandungan ketan hitam yang berada di dalam bedak lotong kaya mineral, serat, dan anti-oksidan yang bisa menolong pergantian kulit.

Bedak lotong sekarang banyak dibuat secara kekinian berbentuk powder atau bubuk. Dalam masalah ini, bedak lotong mempunyai kandungan bahan yang lain walau sama dengan bahan dasar ketan hitam.

Manfaat Lulur Bedda Lotong

Umumnya, produk lulur Bedda Lotong yang dikeluarkan beberapa merek kecantikan memadukan beberapa bahan alami yang lain agar manfaat lulur bedda lotong lebih maksimal, bahan yang digunakan seperti kunyit, temulawak, kencur, dan minyak zaitun.

Beberapa merek yang lain bahkan juga menambahkan beberapa bahan itu dengan asam jawa yang mempunyai kandungan asam tatrat, asam suksinat, asam sitrat, dan asetat.


Manfaat Lulur Bedda Lotong
Manfaat Lulur Bedda Lotong

Asam ini memiliki kegiatan alpha hydroxyacid, ataupun lebih dikenali sebagai AHA untuk percepat pengangkatan beberapa sel kulit mati.

Bedak lotong menjadi satu diantara cara perawatan baik untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca Juga: Cara Memakai Lulur Bedda Lotong yang Benar

Manfaat Bedda Lotong untuk Wajah

Manfaat Bedda Lotong untuk wajah telah dibuktikan sendiri oleh masyarakat Bugis.

Nampak ketika para perempuannya terlihat sangat cantik dan memiiki kulit yang cerah tanpa kerutan.

Manfaat Lulur Bedda Lotong untuk Wajah
Manfaat Lulur Bedda Lotong untuk Wajah

Berikut manfaat Bedda Lotong untuk wajah:

  • Mengusung sel-sel kulit mati hingga kulit terlihat ceria serta lebih lembut.
  • Jaga kelembapan kulit.
  • Hilangkan kulit lusuh.
  • Menolong percepat hilangkan sisa cedera dan menolong dalam pergantian beberapa sel kulit yang hancur.
  • Hilangkan berbau tubuh.
  • Memberi gizi di kulit.
  • Menolong hilangkan komedo dan mengobati jerawat.
  • Menormalkan lebam di sejumlah anggota badan.
  • Hilangkan bercak.

Efek Samping Lulur Bedda Lotong

Diambil dari sejumlah sumber, rupanya ketan hitam yang berada di dalam lulur bedak lotong banyak memiliki manfaat dan efek samping yang baik untuk kulit.

Efek Samping Lulur Bedda Lotong
foto ilustrasi/Efek Samping Lulur Bedda Lotong

Saat ini banyak produk kecantikan mulai mengeksplor Bedda Lotong ini dengan menggunakan berbagai bahan campuran untuk lebih menghasilkan efek samping lulur Bedda Lotong.

Bahan dasar yang dari ketan hitam ini yang merupakan penyebab efek samping Bedda Lotong sangat pas untuk kulit.

  • Bersihkan secara dalam

Kandungan beras hitam yang ada di lulur bedak lotong dapat menolong bersihkan dan beri kesegaran kulit secara dalam. Disamping itu, bedak lotong bisa juga membuat perlindungan kulit dari radikal bebas beresiko tanpa mengakibatkan iritasi.

  • Membuat cerah kulit

Bahan khusus beras hitam dapat membuat ketidaksamaan riil di kulit kamu. Beras hitam memberikan kulitmu anti-oksidan perlindungan, menolong menentramkan kulit yang mengalami iritasi, membuat kulit kamu berasa ceria, halus, dan kenyal selama waktu.

  • Menentramkan kulit

Beras hitam sanggup tembus ke susunan sel-sel kulit dan tinggalkan dampak yang menentramkan. Kedatangan anti-oksidan dalam beras akan bekerja membuat perlindungan kulit dari radikal beresiko dan membuat terlihat lebih sehat untuk waktu lama.

  • Melembapkan kulit

Beras hitam hilangkan semua kotoran dan toksin dari kulitmu, membuat lembab dan ternutrisi. Salah satunya manfaat terbaik mengenai pemakaian beras hitam adalah bisa menahan kulit dari pertanda penuaan seperti garis lembut, keriput, dan hiperpigmentasi.

  • Mengusung beberapa sel mati

Beras hitam ialah agen kelupasan yang baik sekali untuk mengusung sel-sel kulit mati dan percepat penyempurnaan sel-sel kulit. Bila kamu mencari cara untuk mendetoksifikasi kulit kamu, kamu dapat memakai beras hitam ini.

Tetapi, dianjurkan untuk menghindar kelupasan kulit yang terlalu berlebih karena bisa mengakibatkan kekeringan, iritasi, dan infeksi. Kamu dapat melakukan sekali atau 3x satu minggu, bergantung tipe dari kulitmu.

Berapa Kali Memakai Lulur Bedda Lotong

Luluran menggunakan Bedda Lotong sudah dikenal lama sebagai salah satunya sistem perawatan kulit untuk percantik diri oleh masyarakat Bugis. Cukup banyak kaum hawa yang ikhlas menyempatkan waktunya untuk lakukan luluran tiap hari karena dipandang akan membuat kulit lebih elok dan bersih.

Tetapi, apakah luluran Bedda Lotong tiap hari betul-betul dapat percantik kulit tanpa memberi imbas lain, berapa kali memakai Lulur Bedda Lotong yang dianjurkan ?

Luluran adalah sistem scrubbing dengan memoleskan bahan lulur ke tempat kulit dibarengi dengan pemijatan.

Tujuan khusus dari tipe perawatan kulit ini untuk mengusung beberapa sel kulit mati. Luluran termasuk juga dalam sistem eksfoliasi (kelupasan) kulit dengan cara teknisi memakai bahan lulur.

Kelupasan kulit sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni:

  1. kimia
  2. chemical peeling
  3. sampai mengambil rambut

Beberapa sel kulit mati yang menimbun dapat mengakibatkan kulit jadi lusuh dan berasa kasar saat disentuh, hingga jika beberapa sel kulit mati diambil dari kulit akan membuat kulit terlihat lebih lembab, lembut, dan halus.

Sebetulnya, kulit mempunyai kekuatan untuk melepas sel-sel kulit matinya sendiri, yang dikenali sebagai transisi kulit.

Pergantian kulit ini umumnya terjadi tiap 28 hari, disimpulkan sebagai sel-sel kulit dari dasar sampai hingga pucuk mati memerlukan waktu sepanjang 28 hari.

Manfaat Luluran Bedda Lotong Hilang Bila Terlalu Sering 

Selainnya dapat jaga kecantikan, luluran rupanya dapat mempertahankan kesehatan. Luluran bisa berperan untuk membuat cerah, melembapkan, melembutkan, menghaluskan, bahkan juga menantang pertanda penuaan.

Dengan lakukan luluran, badan akan berasa lebih santai dan fresh. Pijatannya dapat tingkatkan perputaran darah yang hendak berpengaruh positif di kulit atau badan.

Manfaat lain dari luluran tergantung berbahan yang terdapat di dalam produk lulurnya. Umumnya, bahan lulur terbagi dalam partikel kecil seperti pasir yang menolong hilangkan sel-sel kulit mati. Lulur terdiri dari dua tipe scrub, yakni kasar dan halus.

Berapa kali memakai lulur bedda lotong? Lulur sejenis scrub lembut Bedda Lotong, semakin lebih aman untuk dipakai seringkali dibanding dengan scrub kasar. Saran yang dianjurkan untuk lakukan luluran Bedda Lotong ialah dua sampai 3x satu minggu untuk kulit normal dan gabungan, dan 1x satu minggu untuk tipe kulit peka.

Kulit gabungan diikuti dengan kulit berminyak pada wilayah T-zone (dahi dan hidung) dengan pipi yang kering. Sementara kulit peka diikuti secara mudah merah dan iritasi.

Frekwensi bagus untuk lakukan luluran juga tergantung dengan kegiatan Anda.

Bila kerap terkena cahaya matahari atau banyak kegiatan di luar ruang, Anda kemungkinan perlu seringkali melakukan.

Tetapi berhati-hati, walau Bedda Lotong mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit, Anda harus jangan sampai terlalu sering luluran.

Susunan paling atas kulit sebagai susunan perlindungan, hingga jika sering luluran akan mengganggu susunan itu.

Terusiknya susunan perlindungan kulit ini akan membuat kulit lebih peka pada cahaya ultraviolet, hingga mengakibatkan gampang merah dan terbakar.

Disamping itu, luluran tiap hari pun tidak disarankan karena bisa mengakibatkan kerusakan kulit, misalnya:

  • Kulit kering

Kulit kering muncul karena kelembapan kulit yang lenyap karena tergerusnya minyak alami karena sering luluran.

  • Kerutan

Saat kulit makin tipis, semakin lebih gampang muncul keriput yang disebut salah satunya pertanda penuaan.

  • Radang

Beberapa sel kulit yang baru tumbuh akan terkupas kembali saat lakukan luluran tiap hari, hingga kulit semakin lebih gampang mengalami iritasi sampai meradang.

Bahkan juga dari mereka yang mempunyai tipe kulit normal, luluran tiap hari bisa memacu kering berlebihan, iritasi, kemerahan, sampai pembuluh darah hancur.

Tetapi, benar-benar tidak lakukan luluran dapat mengakibatkan penimbunan sel-sel kulit mati yang hendak menutup pori-pori, hingga beresiko memunculkan jerawat.

Untuk percantik diri, luluran sudah jadi sistem yang bisa dibuktikan kesuksesannya. Tetapi ingat, segala hal jangan dilaksanakan secara berlebihan, terhitung luluran.

Bila Anda luluran tiap hari, bukan kecantikan kulit yang didapatkan, tetapi malah kerusakan kulit. Karenanya, Anda perlu arif dalam tentukan berapa kali memakai lulur Bedda Lotong ini.

Tips Memilih Bedda Lotong Asli

Diambil dari situs Balai Pengawas Obat dan Makanan, ada banyak hal yang penting jadi perhatian oleh customer saat memilih produk kosmetik tidak terkeciali pecinta Bedda Lotong.

Supaya terbebas dari produk palsu atau produk yang memiliki kandungan barang beresiko maka sebaiknya perhatikan rambu-rambu yang sudah diinformasikan oleh BPOM agar produk kecantikan lulur Bedda Lotong asli dapat kita dapatkan.

Berikut cara memilih kosmetik Bedda Lotong Asli dan aman digunakan untuk memberikan efek samping yang baik pada wajah:

  • Teliti Saat sebelum Beli

Sebetulnya cara ini berlaku nyaris di segala hal. Kita harus betul-betul teliti pada barang yang kita membeli supaya tidak tertipu barang yang palsu.

Tidak boleh tergoda memberikan kosmetik bermerek pada harga yang murah, apa lagi lebih murah dari harga pasar.

  • Lihat Validitas Kosmetik

Kosmetik yang tersebar di Indonesia harus mempunyai ijin dan tercatat di BPOM. Jangan sampai sesekali beli kosmetik yang belum tercatat.

Kosmetik yang telah tercatat pasti mempunyai nomor registrasi. Customer dapat memeriksa keaslian nomor itu di web punya BPOM.

  • Lihat Kandungan Bahan

Customer harus juga memerhatikan kandungan bahan kosmetik saat sebelum memakai. Umumnya kandungan bahan tercetak di kemasan.

Ini tentu saja penting untuk pastikan jika kosmetik yang hendak kita pakai tidak memiliki kandungan bahan yang beresiko. Hal ini penting untuk customer yang mempunyai alergi pada beberapa bahan tertentu.

Produk kosmetik yang asli dan tercatat di BPOM umumnya telah memakai beberapa bahan yang aman sesuai ketetapan.

  • Lihat Cap Produsen Bedda Lotong

Perusahaan kosmetik yang paling dipercaya umumnya akan mengikutkan nama perusahaan dan alamatnya di cap paket. Ini untuk memudahkan pemantauan dari warga atau pemerintahan.

Customer harus menghindar produk kosmetik yang tidak memberikan nama produsennya secara jelas.

  • Teliti Periode Pemakaian Bedda Lotong

Tidak cuma makanan, kosmetik mempunyai periode kedaluwarsa. Setelah periode kedaluwarsa, produk kosmetik tidak bisa dipakai.

Selain mengikutkan nomor registrasi BPOM, produk Bedda Lotong asli yang berkualitas akan mengikutkan tanggal kedaluwarsa di paketannya.

Demikian tadi artikel mengenai manfaat lulur Bedda Lotong untuk wajah, efek samping dan anjuran memakainya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

close