Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Kambing Betina dan Jantan Untuk Aqiqah, Lebih Enakan yang Mana

Daftar Isi [Buka]

Perbedaan Kambing Betina dan Jantan Untuk Aqiqah
Perbedaan Kambing Betina dan Jantan Untuk Aqiqah

AqiqahAbahHusein.id - Perbedaan kambing betina dan jantan untuk aqiqah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hewan qurban. Ketidak samaan ini hanya pada jumlah dan waktu, namun penting bagi kita umat Islam mengetahui hal ini.


Aqiqah dan qurban memang sama-sama menggunakan jenis ternak yang hampir sama, walau demikian masih ada yang masih tidak mengetahui perbedaan kambing betina dan jantan untuk aqiqah. Kalau aqiqah sendiri cenderung familiar menggunakan kambing aqiqah walau tidak dengan kambingpun menururt para ulama diperbolehkan, seperti sapi atau unta.


Pada artikel kali ini, mari kita bersama-sama memperdalam masalah agama khususnya ibadah aqiqah. Untuk lebih spesifiknya pembahasan kali ini yaitu perbedaan kambing betina dan jantan untuk aqiqah, untuk itu mari simak artikel ini agar pemahaman agama kita jadi lebih luas.


Perbedaan Kambing Betina dan Jantan untuk Aqiqah

Saat ini masih banyak kalangan muslim yang mempertanyakan perbedaan kambing betina dan jantan untuk aqiqah, mana dari keduanya yang diperbolehkan dan lebih afdol.


Sebenarnya dari dua jenis kambing betina dan jantan tidak dijelaskan dalam hadist secara terperinci. Dalam hadist hanya diterangkan jumlah kambing untuk aqiqah dan persyaratannya.


Perbedaan Kambing Betina dan Jantan Untuk Aqiqah
Perbedaan Kambing Betina dan Jantan Untuk Aqiqah


Perbedaan kambing betina dan jantan untuk aqiqah dalam segi pembagiannya pun berbeda dengan qurban. Kalau qurban dilaksanakan pada saat idhul adha dan aqiqah biasanya dilakukan pada hari ketujuh, walaupun tidak diwajibkan harus pada hari ketujuh.


Syarat kambing aqiqah harus dipahami kaum muslimin terutamanya orang-tua yang akan menjalankan Aqiqah. Sudah diketahui dalam Islam, orang-tua disarankan untuk mengakikahkan putra dan putrinya dengan menyembelih kambing.


Aqiqah bisa dilaksanakan di hari ketujuh, ke-14, atau ke-21setelah kelahiran sang bayi. Untuk anak lelaki diwajibkan menggunting dua ekor kambing, dan anak wanita seekor kambing. Apa persyaratan domba atau kambing untuk Aqiqah yang perlu disanggupi? Berikut penuturannya.


Syarat Kambing Aqiqah Menurut Sunnah

Tidak ada bimbingan yang menjelaskan tipe kelaminnya. Dan persyaratan penyeleksian hewannya, lebih kurang sama dengan penyeleksian hewan untuk kurban. Yakni:


  • Hewan harus sehat jasmaninya, jangan cacat 
  • Bisa betina atau jantan 
  • Bukan hewan curian 
  • Jika Kambing, umurnya harus minimum satu tahun (masuk tahun kedua) 
  • Jika Domba, umurnya harus minimum enam bulan (masuk tahun ketujuh) 


"Barangsiapa antara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi karena itu sebaiknya dia kerjakan untuk lelaki dua kambing yang serupa dan untuk wanita satu kambing." (HR Abu Dawud, Nasa'i, Ahmad


Sajian Aqiqah Hewan yang disembelih saat aqiqah sebaiknya diproses atau diolah lebih dulu jadi sajian siap makan.


Kemudian, makanan itu dibagikan-bagikan ke famili dan tetangga. Hukum Aqiqah dengan Selainnya Kambing Ada perbedaan opini berkenaan aqiqah dengan selainnya kambing.


Jumhur ulama membolehkannya. Beberapa ulama tidak membolehkannya, bahkan juga mereka mengatakan tidak syah aqiqah selainnya dari tipe kambing atau domba. Al-'Iraqy rahimahullahu (meninggal dunia tahun 806 H) berpendapat:


"Dan (kambing) meliputi jantan dan betina, baik dari tipe (kambing yang memiliki rambut) atau tipe (domba/kambing yang dengan bulu tebal). Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pilih saat aqiqah ke-2 cucunya pilih yang paling prima, yakni domba jantan, dan ini bukanlah penekanan. Karena itu bisa dalam aqiqah menyembelih kambing betina walau dari tipe, seperti ini diperlihatkan oleh kemutlakan lafadz dalam hadist-hadist lainnya." (Tharhu At-Tatsrib, Al-‘Iraqy 5/208).



Lebih Enak Kambing Jantan atau Betina untuk Aqiqah, Apakah Ada Perbedaan dari Segi Rasa

Lebih Enak Kambing Jantan atau Betina untuk Aqiqah
Lebih Enak Kambing Jantan atau Betina untuk Aqiqah


Bila Anda akan melaksanakan ibadah aqiqah, penting mengetahui perbedaan rasa dari jenis kambing jantan dan betina. Lebih enakan kambing jantan atau betina dari segi rasa dan tektusnya.


Artikel ini dadasari dari pengalaman yang telah mencoba perbedaan kambing betina dan jantan untuk aqiqah dari segi rasa. Bisa saja banyak yang kurang setuju dengan artikel perbedaan Kambing Jantan dan Betina, yang jelas kami hanya memberikan informasi untuk dijadikan pilihan pada saat Anda akan melaksanakan aqiqah.


Untuk perbedaannya tidak begitu terasa, namun yang paling menonjol dari keduanya ialah postur tubuh. Kambing jantan cenderung lebih besar ketimbang yang betina, hal ini yang menyebabkan perbedaan harga yang menonjol.


Pada intinya tidak ada ketidaksamaan yang berarti di antara ke-2 tipe daging itu (telah berbentuk daging). Tetapi bila dibanding berdasar kambing hidup, salah satunya yang paling penting ialah tipe kelamin.


Perbedaan Kambing Betina dan Jantan dari Segi Fisik

Dalam aqiqah tidak ada syarat kambing aqiqah jantan atau betina. Yang paling ditekankan ialah kehalalan mendapatkan kambingnya dan keadaan fisik yang sempurna.


Ada banyak perbedaan antara kambing jantan dan betina. Hal ini penting untuk diketahui agar dalam pelaksanaan aqiqah nanti, Anda bisa memperkirakan biaya dan jumlah daging yang diperoleh.


Seterusnya dari segi fisik bisa disaksikan dari tanduknya, di mana jantan mempunyai sundul yang besar dan betina mempunyai sundul tapi tidak lebih besar dari jantan. Untuk lebih terangnya, berikut ketidaksamaan kambing jantan dan betina yang dapat Anda saksikan:


Ketidaksamaan daging kambing jantan dan betina dari sisi fisik ialah seperti berikut:


Tanduk

Sundul sebagai keunikan dari hewan berkaki empat ini, baik jantan atau betina mempunyai sama seperti yang sudah diterangkan di atas. Tetapi, sundul untuk kambing atau daging kambing jantan besar sekali, tebal, dan lebih panjang atau meliuk. Berlainan hal dengan sundul kambing betina memiliki ukuran sedang.


Tipe Kelamin

Bisa ditegaskan jika ketidaksamaan kambing jantan dan kambing betina berada pada tipe kelaminnya. Anda tentu bisa membandingkan yang ini, ini lumayan gampang dan umum.


Bentuk Badan

Seterusnya bila disaksikan dari wujud atau bentuknya tentu saja ada ketidaksamaan yakni bila untuk daging atau kambing jantan akan bertubuh yang lebih tegap. Tetapi, ada peluang jika betina lumayan besar.


Namun, sebagai manusia, performa badan kambing jantan dan betina benar-benar berlainan. Kambing jantan condong besar, kekar, dan kuat, dan untuk kambing betina ada dua peluang yakni besar karena gendut atau kurus.


Suara

Selainnya ke-3 Ketidaksamaan Daging Kambing Jantan dan Betina di atas, yang lain dapat disaksikan dari suaranya. Sama seperti yang Anda ketahui, kemungkinan suara kambing jantan akan makin keras. Berlainan dengan kambing betina yang condong kecil dan tidak demikian bising.


Bila mengarah pada ketidaksamaan daging, baik jantan atau betina, tidak ada ketidaksamaan atau detil yang fundamental. Daging kambing teruslah daging, tanpa perbedaannya. Tetapi bila menyaksikan yang hidup (secara fisik), karena itu lihatlah beberapa poin yang telah dikatakan di atas yang disebut ketidaksamaan kambing jantan dan betina.


Untuk Anda yang suka konsumsi daging kambing, tak perlu bingung atau khawatir untuk ketahui ketidaksamaan yang menjadi daging. Karena akan sama juga, dimulai dari rasa dan kandungan gizinya.


Disamping itu untuk anda yang ingin membudidayakan kambing tidak jadi masalah. Walau sebenarnya, ini ialah kesempatan memikat buat masa datang.



Kesimpulan Perbedaan Kambing Betina dan Jantan untuk Aqiqah

Perbedaan pendapat dari kalangan ulama memang merupakan keniscayaan, namun ada hikmah yang bisa diambil dari perbedaan kambing betina dan jantan untuk aqiqah dari segi kemampuan.


Apa bila keadaan ekonomi Anda kurang baik maka sebaiknya aqiqahlah dengan kambing betina yang harganya terjangkau. Namun alangkah baiknya menggunakan kambing jantan yang berkualitas apabila dari segi financial Anda mampu.


Demikian tadi artikel mengenai perbedaan kambing betina dan jantan untuk aqiqah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda ketika akan melaksanakan Ibadah Aqiqah.


Terimakasih telah berkunjung ke Aqiqah Cilacap Abah Husein, Wassalamungalaikum Wr, Wb...


close