Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Umpan Ikan Patin yang Susah Dipancing Disungai dan Kolam Berikut Rahasianya

Daftar Isi [Buka]
Umpan Ikan Patin yang Susah Dipancing
Umpan Ikan Patin yang Susah Dipancing

AqiqahAbahHusein.id - Simak umpan ikan patin yang susah dipancing di kolam harian dan sungai atau alam liar, dijamin jitu neter terus.

Siapa sih yang senang ketika memancing mata kailnya selalu disambar ikan patin, apalagi yang ukurannya besar, pasti sesasi strikenya bikin ketagihan. Namun bila sebaliknya, jika umpan ikan patin yang susah dipancing ini sepi menyambar kail kita seperti kuburan, rasanya ingin nyebur ke kolam. hehe

Memancing memang butuh skil dan beberapa trik yang musti diketahui, mulai dari umpan, posisi mancing, joran, hari, wethon, hehehe. Bisa jadi si kalau memang segala bentuk usaha agar mata kail kita disambar ikan patin selalu sepi karena kamu nggak cocok di air, cocoknya di darat.

Nah, bagi yang masih kesulitan untuk menarik perhatian ikan patin mungkin perlu mencoba umpan ikan patin yang susah dipancing ini dengan beberapa alternatif umpan dibawah ini.

Baca Juga: Aroma Umpan Yang Di Sukai Ikan Mas Malam Hari

Apasaja Umpan Ikan Patin yang Susah Dipancing

Sebenarnya umpan ikan patin dimanapun pasti mempunyai kecenderungannya masing-masing. Pasti berbeda umpan yang digunakan untuk patin di sungai (liar) dengan umpan ikan patin di kolam pemancingan.

Tapi pada dasarnya umpan yang paling disukai oleh ikan patin ialah yang sama dengan apa yang terdapat di habitat aslinya.

Sebagaimna kita, kalau nggak ketemu nasi pasti kurang puas kalau makan, nasi jadi hal wajib, begitu juga dengan ikan patin.

Umpan ikan patin yang akan kita pancing harus disesuaikan dengan yang biasa mereka makan ketika di alam.

Umpan Ikan Patin yang Susah Dipancing

Berikut ini beberapa pilihan umpan ikan patin yang susah dipancing:

  • Cacing Tanah

Sebagaimana kita ketahui kalau hampir semua jenis ikan air tawar suka dengan cacingn tanah. Cacing tanah bisa kita jadikan umpan ikan patin yang susah dipancing.

Walaupun cacing tanah meruapakan jenis umpan gratisan, namun jangan salah sangka, bahwa umpan ini termasuk yang paling diminati ikan patin.

Bagi kamu yang susah menemukan cacing tanah karena berada didaerah perkotaan, tanah-tanahnya sudah ditanami gedung bertingkat, kamu bisa membelinya di toko pakan kok, harganyajuga murah tidak sampai 20 rb.

Umumnya, penggunaan umpan ikan patin yang susah dipancing dengan menggunakan cacing hanya perlu kita tautkan dimata kail.

Tertarik mancing ikan patin dengan cacing tanah? 

  • Udang

Patin meruapakan jenis ikan air tawar yang makanannya bermacam-macam. Ikan patin yang bisa makan apasaja ini pantas untuk disebut dengan hewan omnivora yang artinya bisa makan apasaja.

Salah satu makanannya dialam ialah udang. Kita bisa memanfaatkan udang ini sebagai umpan ikan patin yang susah dipancing.

Namun, perlu diperhatikan, kalau ikan patin ini hewan yang hidupnya di air tawar maka udang yang digunakan juga yang hidupnya di air tawar.

Penggunaan udang ini sangat bagus untuk pengundang nafsu makan ikan patin yang susah makan, apalagi pakai yang masih fress.

Dengan menggunakan udang fress maka akan menimbulkan bau amis yang mengundang indera penciuman ikan patin untuk melahapnya.

  • Ikan Kecil

Ketika dialam ikan patin juga memakan ikan-ikan air kecil anakan dari jenis apa saja. Untuk itu, penggunaan umpan dengan ikan kecil ini bisa kita manfaatkan.

Namun, mencari ikan kecil tidak semudah mencari cacing. Kita butuh ketelatenan untuk mencari di selokan-selokan yang terdapat anakan ikannya.

Apabila kamu malas mencarinya, bisa juga beli di toko ikan atau toko pakan.

  • Belut

Salah satu jenis hewan air yang terkenal dengan gizinya yang tinggi adalah belut. Belut juga bisa kita gunakan untuk dijadikan umpan ikan patin yang susah dipancing.

Penggunaan belut sebagai umpan ini ialah belut yang susah kita olah dengan cara merebusnya setengah matang.

Cara menggunakannya, kita bisa mencampurkan belut ini dengan berbagai bahan lainnya seperti pelet.

  • Usus Ayam

Umpan ikan patin yang susah dipancing selanjutnya adalah dengan menggunakan usus ayam. Panduan memakai usus ini terbilang cukup mudah yakni dengan merebus usus ayam tersebut sampai dengan lemak didalamnya keluar.

Perebusan usus untuk pakan ikan patin ini hanya perlu beberapa menit, jangan sampai terlalu matang sehingga menghilangkan bau amis yang terdapat pada usus tersebut.

  • Roti tawar

Roti tawar merupakan makanan tinggi karbo yang juga menjadi alternatif umpan ikan patin yang susah dipancing.

Penggunaanya pun sangat mudah, kita hanya perlu memilah anatara daging dan kulit dari roti tawar yang akan kita gunakan sebagai pakan ikan patin.

Umpan Patin Kolam Susah Makan

Umpan ikan patin yang susah dipancing ini akan sangat bagus menggunakan daging dari roti tawar tanpa kulitnya.

  • Ulat daun

Ikan patin sebagai hewan omnivora atau pemakan semua . Maka kita dapat memakai umpan ulat daun untuk memancing ikan patin itu. Ulat daun akan keluarkan berbau amis hingga memikat ikan patin untuk selekasnya menyikatnya.

Langkah memakai ulat daun untuk umpan itu yakni dengan menyangkutkan seekor ulat daun ke kail dan tekan sisi ujung ulat supaya berbau amisnya dapat keluar.

  • Belalang

Selainnya memakai ulat daun, kita bisa juga memakai umpan belalang untuk memancing ikan patin. Langkah memakainya yakni cukup hanya menyangkutkan beberapa ekor belalang pada kail lalu tekan sampai ususnya dapat keluar.

  • Serangga kecil

Disamping itu kita bisa juga memakai serangga kecil seperti laron, jangkrik dan sebagainya untuk memancing ikan patin. Langkah pemakaiannya sama yakni dengan menyangkutkan serangga kecil itu pada kail.

Umpan alami ikan patin yang pertama yakni dengan memakai cacing kalung. Sebagian besar tipe cacing tanah dapat kita pakai untuk jadi umpan ikan patin baik saat memancing di sungai, danau, rawa, atau kolam.

Bahkan juga bukan hanya ikan patin yang menyenanginya, ikan lain menyenangi umpan cacing ini. Cacing kalung ini mempunyai struktur yang lebih keras dan ukuran semakin besar dibanding dengan cacing merah.

  • Katak kecil

Katak kecil termasuk juga salah satunya umpan alami yang dipakai untuk memancing ikan patin. Anakan katak/kodok itu benar-benar dicintai oleh ikan patin. Ditambah lagi bila katak kecil itu pada kondisi masih hidup.

Bagaimana Cara Membuat Racikan Umpan Ikan Patin yang Susah Dipancing

Apabila kamu kurang tertarik menggunakan pakan alami diatas, maka ada pilihan umpan lainnya dengan mengolahnya sendiri.

Racikan umpan ikan patin yang susah dipancing ini tiap-tiap orang memnyai resepnya sendiri-sendiri.

Biasanya racikan dari resep ini tidak diberikan manakala kita tanya langsung keorangnya, hal ini karena bisa membuat rahasia mereka terbongkar.

Namun, kami mendapati beberapa pemancing ikan patin yang dengan senang hati memberikan reesep racikan umpan patinnya kepada kami.

Berikut beberapa resep racikan umpan ikan patin yang susah dipancing.

Umpan Ikan Patin Sungai yang Susah Dipancing
Umpan Ikan Patin Sungai yang Susah Dipancing

Racikan Umpan Ikan Patin Kolam yang Susah Makan

Beberapa bahan yang diperlukan :

  • 4 helai roti tawar
  • 1 buntel fermipan (ragi)
  • 2 lembar daun serai
  • 1 helai keju kraft kecil
  • 1 buntel susu dancow saset

Langkah membuat :

Langkah membuat racikan itu sebetulnya lumayan gampang. Kita tinggal rajang-rajang serai dalam potongan yang kecil-kecil selanjutnya masukan potongan itu di dalam jus berbahan yang lain terkecuali roti tawar dan fermipan.

Lalu masukan adonan itu di dalam tempat plastik dan tambah fermipan, biarkan adonan sepanjang satu minggu. Jika sudah satu minggu karena itu kita dapat menambah roti tawar lalu aduk adonan itu sampai tercampur rata. Bentuklah adonan sesuai yang diperlukan. Umpan siap untuk digunakan.

Umpan Ikan Patin Liar yang Susah Dipancing

Beberapa bahan yang diperlukan :

  1. Esen rasa pisang juara
  2. Sebuah butir kelapa yang telah tua
  3. Dua papan tempe yang baru

Langkah membuat:

Mengambil kelapa lalu kupas dan parut. Selanjutnya mengambil santan kelapa itu. Kemudian jus tempe sampai lembut. Kemudian mengambil tempat plastik , selanjutnya campur bahan jadi satu lalu aduk dengan rata.

Selanjutnya yakni dengan biarkan adonan itu sepanjang 3 hari kemarin kita dapat menambah essen ketika akan memakainya.

Resep Racikan Umpan Ikan Patin yang Susah Dipancing

Bahan yang diperlukan :

  • 3 helai roti tawar
  • 5 sendok makan tepung kanji
  • 2 butir telur ayam daerah rebus, selanjutnya kita mengambil kuningnya saja
  • 1 buntel santan kara
  • 2 sachet vanili
  • 2 sendok makan minyak ikan scotts
  • Air seperlunya

Langkah membuat:

Masukan seluruh bahan di atas jadi satu selanjutnya aduklah sampai rata. Kemudian tambah air seperlunya jika adonan terlampau keras. Umpan siap dipakai untuk memancing ikan patin.

Umpan Ikan Patin Kolam yang Susah Dipancing

Bahan yang dipakai :

  • 3 butir bakso
  • Roti marie milk
  • Satu gelas pelet
  • 3 sendok makan madu
  • 2 butir kuning telur rebus
  • Air seperlunya

Langkah membuat :

Masukan roti marie dan pelet di dalam tempat. Selanjutnya uleni adonan itu sampai rata. Sesudah rata, karena itu kita dapat menambah bakso, madu dan kuning telur. Aduk kembali adonan itu. Jika adonan yang kita bikin kurang kenyal karena itu kita dapat menambah air sedikit. Umpan siap untuk dipakai.

Trik Rahasia Memancing Ikan Patin

  • Panduan Memancing Ikan Patin
  • Atur joran hingga status mata kail berada di bawah bandul pemberat
  • Settingan pemberat harus sesuai kedalaman dasar sungai, agar umpan dapat sampai ke jauh ke bawah air
  • Tidak boleh memakai tali pancing terlampau besar
  • Sesudah umpan dilempar, kendorkan tali pancing
  • Tunggu hingga patin makan umpan dan terbelit di kail
  • Jika tali pancing mulai bergoyang, seharusnya nantikan sesaat
  • Kemudian, ambil perlahan-lahan ke atas
  • Selainnya memerhatikan kualitas umpan ikan patin, dalam memancing ikan ini diperlukan tehnik yang akurat.

Demikian tadi pembahasan mengenai umpan ikan patin yang susah dipancing. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

close